PENGUJIAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN WHITE BOX TESTING

Authors

  • Emi sita Eriana Universita Pamulang

Abstract

PENGUJIAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN WHITE BOX TESTING. Penggunaan aplikasi peminjaman buku di perpustakaan merupakan alat pendukung untuk mempermudah peminjam dalam meminjam buku yang biasanya dilakukan secara manual melalui catatan. Dengan menggunakan sistem ini, admin perpustakaan bisa dipermudah dalam pendataan buku dan pendataan peminjam. Admin dapat mengelola akses peminjaman buku agar terkelola dengan baik dan benar. Metode pengujian white box dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem bekerja secara struktural, selain untuk mengetahui hal-hal yang mungkin terjadi ketika sistem dijalankan. Dalam pengujian white box pada halaman login pengguna, sistem bekerja dengan baik sebagaimana dibuktikan dari fase pengujian seperti pada Cyclomatic Complexity. Dari sekian metode pengujian terdapat metode pengujian yang dilakukan untuk memastikan kelayakan suatu aplikasi sebelum digunakan, testing ini salah satunya adalah dengan pengujian white box dimana pengujian White Box Testing adalah metode pengujian menggunakan struktur kendali dan desain prosedur, hasil penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui sistem aplikasi setelah tahap implementasi. Dengan adanya pengujian White Box Testing menjadi pengujian sistem yang mampu memberikan kedetailan dari source code, alur algoritma dan jalur path sebuah pemograman. Tahap pengujian lainnya dilakukan setelah melewati metode white box ini, dikarenakan sebuah program tidak akan berhasil jika logika atau alur algoritmanya salah. Hasil penelitian ini digunakan untuk pengujian aplikasi yang telah dibuat agar aplikasi dapat disajikan didalam tingkatan sistem yang sempurna sesuai cara kerja dan dapat bermanfaat bagi penggunanya.

Kata kunci : Pengujian White Box, Perpustakaan, Aplikasi,Algoritma

Author Biography

Emi sita Eriana, Universita Pamulang

Sistem Informasi

Downloads

Published

2021-09-12

How to Cite

Eriana, E. sita. (2021). PENGUJIAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN WHITE BOX TESTING. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 15(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/13057

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.