PENERAPAN METODE SAW DALAM PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI PADA SMK BISTEK GUNUNG SINDUR
Abstract
ABSTRAK
Pengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran dapat diperoleh dari sistem yang dapat mendukung suatu keputusan dengan salah satunya metode yang ilmiasalah satunya adalah pemilihan siswa berprestasi pada SMK Bistek. Metode Simple Aditive Weighting (SAW) dipilih sebagai metode yang cocok untuk menyelesaikan keputusan dlam pemilihan siswa yang paling berprestasi karena hasil yang diperoleh SAW akurat dan mudah dalam alur langkah penyelesaiannya. Kriteria yang harus dimiliki oleh siswa sebagai penilaian untuk menjadi siswa berprestasi adalah nilai raport, kehadiran dan keaktifandi sekolah dalam berorganisasi. Langkah dalam penyelesaian metode ini dilakukan dengan mendapatkan bobot atribut, proses perankingan yang untuk mendapatkan alternatif yang optimal, yaitu siswa yang terpilih untuk mendapat bimbingan dalam peningkatan prestasi dan pengajuan beasiswa.
Kata kunci : Metode SAW, Siswa, Berprestasi,Bobot, Atribut
ABSTRACT
APPLICATION OF THE SAW METHOD IN SELECTING ACHIEVEMENT STUDENTS IN BISTEK GUNUNG SINDUR VOCATIONAL SCHOOL. Decision makers who are accurate and right on target can be obtained from a system that can support a decision by one scientific method. one of them is the selection of outstanding students at Bistek Vocational School. The Simple Aditive Weighting (SAW) method was chosen as a suitable method for completing decisions in the selection of the most outstanding students because the results obtained by SAW were accurate and easy in the flow of completion steps. Criteria that must be possessed by students as an assessment to become high achieving students are the value of report cards, attendance and activeness in schools in organizations. The step in completing this method is carried out by obtaining attribute weights, ranking processes to obtain optimal alternatives, namely students who are selected for guidance in improving national achievement and submitting scholarships.
Keywords: SAW Method, Students, Achievement, Weight, Attributes