Pengaruh Pesan Kampanye “Beauty Moves You†Terhadap Citra Merek Wardah
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34510Keywords:
Pesan Kampanye, Citra Merek, Komunikasi PemasaranAbstract
Wanita sering kali mengalami keterbatasan untuk bebas bergerak dan berekspresi. Wardah yang merupakan kosmetik halal Indonesia menggunakan kampanye Beauty Moves You untuk mematahkan stereotip kecantikan wanita sekaligus memperkuat citra mereknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye Beauty Moves You terhadap citra merek Wardah. Pendekatan kuantitatif digunakan sebagai jenis penelitian ini dengan desain penelitian deskriptif menggunakan survei berupa kuesioner. Pada penelitian ini sampel terdiri dari 100 followers wanita Instagram @Wardahbeauty berusia 18-25 tahun yang mengetahui kampanye Beauty Moves You. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Program SPSS digunakan sebagai alat untuk mengolah dan menganalisis data. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pesan kampanye Beauty Moves You berpengaruh secara positif terhadap citra merek Wardah dengan nilai pengaruh sebesar 51,8%.
References
Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy from Idea to Implementation. New York: Rowman & Littlefield.
Clow, K. E., & Baack, D. E. (2021). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications (9th Ed.). Harlow: Pearson.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning Strategy). CV Penerbit Qiara Media.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th Ed.). Harlow: Pearson Education.
Octaviana, V., & Susilo, D. (2021). Impact of @RaikuBeauty instagram campaign content on brand image. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 270–284. https://doi.org/10.25139/JKP.V5I3.3873
Ruslan, R. (2021). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation (Edisi 9). Depok: Rajawali Pers.
Siregar, S. (2015). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perhitunganmanual dan aplikasi SPSS versi 17 (Edisi 3). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).