Pengaruh Pesan Kampanye “Beauty Moves You” Terhadap Citra Merek Wardah

Authors

  • Nina Lestari Universitas Padjadjaran, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34510

Keywords:

Pesan Kampanye, Citra Merek, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Wanita sering kali mengalami keterbatasan untuk bebas bergerak dan berekspresi. Wardah yang merupakan kosmetik halal Indonesia menggunakan kampanye Beauty Moves You untuk mematahkan stereotip kecantikan wanita sekaligus memperkuat citra mereknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye Beauty Moves You terhadap citra merek Wardah. Pendekatan kuantitatif digunakan sebagai jenis penelitian ini dengan desain penelitian deskriptif menggunakan survei berupa kuesioner. Pada penelitian ini sampel terdiri dari 100 followers wanita Instagram @Wardahbeauty berusia 18-25 tahun yang mengetahui kampanye Beauty Moves You. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diuji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Program SPSS digunakan sebagai alat untuk mengolah dan menganalisis data. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pesan kampanye Beauty Moves You berpengaruh secara positif terhadap citra merek Wardah dengan nilai pengaruh sebesar 51,8%.

References

Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy from Idea to Implementation. New York: Rowman & Littlefield.

Clow, K. E., & Baack, D. E. (2021). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications (9th Ed.). Harlow: Pearson.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning Strategy). CV Penerbit Qiara Media.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th Ed.). Harlow: Pearson Education.

Octaviana, V., & Susilo, D. (2021). Impact of @RaikuBeauty instagram campaign content on brand image. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 270–284. https://doi.org/10.25139/JKP.V5I3.3873

Ruslan, R. (2021). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation (Edisi 9). Depok: Rajawali Pers.

Siregar, S. (2015). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perhitunganmanual dan aplikasi SPSS versi 17 (Edisi 3). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Downloads

Published

2023-10-06

How to Cite

Lestari, N. (2023). Pengaruh Pesan Kampanye “Beauty Moves You” Terhadap Citra Merek Wardah. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i1.34510

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif