Strategi Komunikasi Melalui Youtube dalam Menyampaikan Informasi Gaya Hidup Sehat untuk Remaja

Authors

  • Anisa Ahsania Karima Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia
  • Rita Destiwati Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37369

Keywords:

Gaya Hidup Sehat, Strategi Komunikasi, Youtube

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi melalui Youtube dalam menyampaikan informasi gaya hidup sehat remaja Pendekatan penelitian ini menggunakan teknik kualitatif, dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara dan observasi, dalam penelitian ini peniliti melibatkan informan yaitu seorang Dokter Umum yang bernama Dr. Chrisan Bimo Prayuda. Sehingga hasil penelitian ini akan menunjukkan bagaimana pengenalan audiens, cara penyusunan pesan, penetapan metode yang dipakai oleh Dokter Prayuda. maka peneliti bisa menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dipakai oleh Dokter Prayuda cukup rinci, seperti menggunakan system SEO (Search Engine Optimatization) yang merupakan sebuah cara mencari kata kunci agar konten yang dimiliki Dokter Prayuda di Youtube dapat dilihat dan dicari banyak orang. Kemudian Dokter Prayuda mempelajari bagaimana agar informasi yang diterima dapat mudah dimengerti oleh penontonnya.

References

Arifin, A. (2004). Strategi Komunikasi. Bandung: Armilo.

Effendi, O.U. (1990). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Junaedi, F., & Sukmono, F.G. (2018). Komunikasi Kesehatan. Sebuah Pengantar Komprehensif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kaplan, A., HaenLein, M. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons.

Maulana, H. D., & Sos, S. (2009). Promosi kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sari, P., Hilmanto, D., Herawati, D. M. D., Dhamayanti, M., & Ma’ruf, T. L. H. (2022). Buku Saku Pelayanan Kesehatan Remaja. Penerbit NEM.

Dewi, R. D. C. (2021). Literatur Review: Dinamika Komunikasi Kesehatan di Masa Pandemi dan Pasca Vaksin COVID-19. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 206-213.

Linzonia, Y. U., & Supriyono, S. (2021). Peran Edukasi Media Sosial Bagi Masyarakat Selama COVID-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 195-202.

Rasmuson, M. R., Seidel, R. E., Smith, W. A., & Booth, E. M. (1988). Communication for child survival. In Communication for child survival (pp. 144-144).

Sapoetri, A., & Pannindriya, S. T. (2019). Geliat Interaksi Sosial Dokter Masa Kini Melalui Media Sosial Instagram. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(02), 121-140.

Shaumi, N. R. F., & Achmad, E. K. (2019). Kajian literatur: faktor risiko hipertensi pada remaja di Indonesia. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 29(2), 115-122.

Mustakim, M., Efendi, R., & Sofiany, I. R. (2021). Pola Konsumsi Pangan Penduduk Usia Produktif Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 1-12.

Artikel Wantiknas, Akses Digital Meningkat Selama Pandemi. Diambil pada 29 Oktober 2022 di website Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional melalui http://www.wantiknas.go.id/id/berita/akses-digital-meningkat-selama-pademi

Artikel World Health Organization (WHO.Int). (13/6/2019). Global School-Based Student Health Survey 2015. Diakses pada 11 November 2022 melalui https://extranet.who.int/ncdsmicrodata/index.php/catalog/489

Infografis Indonesia Baik – Kominfo. (03/07/2018). 4 Masalah Kesehatan Remaja di Indonesia. Diakses pada 10 November 2022 melalui https://indonesiabaik.id/infografis/4-masalah-kesehatan-remaja-indonesia.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Karima, A. A., & Destiwati, R. (2024). Strategi Komunikasi Melalui Youtube dalam Menyampaikan Informasi Gaya Hidup Sehat untuk Remaja. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(2), 311–317. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i2.37369

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif