Determinan Lingkungan Belajar Mata Kuliah Manajemen Pemasaran: Peran Penguasaan Materi, Kualitas Pengajaran, dan Motivasi Belajar

Authors

  • Sugeng Widodo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Gatot Kusjono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sunardi Sunardi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v7i4.53011

Keywords:

Lingkungan Belajar; Pendidikan Pemasaran; Kualitas Pengajaran; Penguasaan Materi; Motivasi Belajar; Structural Equation Modeling

Abstract

Efektivitas lingkungan belajar dalam pendidikan tinggi, khususnya pada mata kuliah manajemen pemasaran, menjadi semakin kritis di era pasca pandemi. Meskipun telah banyak penelitian mengenai faktor-faktor pendidikan, masih terdapat kesenjangan signifikan dalam memahami determinan spesifik lingkungan belajar dalam konteks pendidikan bisnis terapan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penguasaan materi, kualitas pengajaran, dan motivasi belajar terhadap lingkungan belajar pada mata kuliah manajemen pemasaran di universitas Indonesia. Pendekatan kuantitatif menggunakan desain explanatory survey research diterapkan pada 150 mahasiswa sarjana Universitas Pamulang yang mengambil mata kuliah Manajemen Pemasaran. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tervalidasi dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Smart-PLS 4.0. Semua hipotesis didukung dengan signifikansi statistik (p < 0,001). Kualitas pengajaran menunjukkan pengaruh terkuat terhadap lingkungan belajar (β = 0,456), diikuti oleh penguasaan materi (β = 0,342) dan motivasi belajar (β = 0,298). Model menjelaskan 67,8% varians dalam lingkungan belajar (R² = 0,678). Confirmatory Factor Analysis mengungkapkan kesesuaian model yang sangat baik dengan indikator reliabilitas dan validitas yang dapat diterima. Temuan menunjukkan bahwa kualitas pengajaran, penguasaan materi, dan motivasi belajar secara signifikan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dalam pendidikan pemasaran. Hasil memberikan dukungan empiris untuk pendekatan terintegrasi dalam intervensi pendidikan yang secara simultan mengatasi berbagai determinan.

References

1. Anderson, K., & Johnson, P. (2024). Holistic approaches in educational research: Integrating multiple theoretical frameworks. Journal of Educational Research, 47(3), 234-251.

2. Bandura, A. (2018). Self-efficacy: The exercise of control (2nd ed.). Freeman.

3. Chen, L., & Wong, K. (2024). Academic self-efficacy and classroom participation in business education. Business Education Quarterly, 12(2), 123-140.

4. Davis, M., Thompson, R., & Lee, S. (2023). Technology integration and learning environments in post-pandemic higher education. Educational Technology Research, 31(4), 445-462.

5. Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2020). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior (3rd ed.). Plenum Press.

6. Guo, J., Liu, X., & Wang, Y. (2024). Updated Academic Motivation Scale for higher education: Validation and cultural considerations. Motivation and Emotion, 48(2), 178-195.

7. Johnson, A., Smith, B., & Brown, C. (2023). Material mastery and peer learning dynamics in business education. Academy of Management Learning & Education, 22(1), 89-106.

8. Kumar, R., & Patel, S. (2024). Instructor immediacy and student collaboration in business courses. Teaching in Higher Education, 29(3), 456-473.

9. Lee, H., Park, J., & Kim, M. (2024). Authentic assessment and intrinsic motivation in marketing education. Marketing Education Review, 34(1), 67-84.

10. Rodriguez, C., Martinez, F., & Garcia, L. (2023). Teaching quality and learning environment creation in higher education. Higher Education Research, 25(4), 312-329.

11. Sari, D., & Kusuma, A. (2023). Cultural factors in Indonesian higher education: Collectivism and student motivation. Asian Journal of Educational Research, 18(2), 234-251.

12. Smith, J., Wilson, T., & Davis, R. (2024). Flipped classroom effectiveness in marketing management courses. Journal of Marketing Education, 46(2), 145-162.

13. Sweller, J. (2020). Cognitive load theory: Recent theoretical advances and applications. Cambridge University Press.

14. Thompson, A., & Lee, M. (2024). Post-pandemic learning environments: Quality indicators and student outcomes. Educational Psychology Review, 36(1), 123-145.

15. Vygotsky, L. S. (2019). Mind in society: Development of higher psychological processes (Revised ed.). Harvard University Press.

16. Williams, P., Jones, K., & Taylor, S. (2024). Self-determination theory in business education: Cross-cultural validation. Contemporary Educational Psychology, 52, 78-92.

17. Zhang, W., Chen, X., & Liu, Y. (2024). Meta-analysis of teaching quality effects in business education: A comprehensive review. Review of Educational Research, 94(2), 267-294.

18. Amelia, R., & Sugiarto, B. (2023). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa: Studi pada perguruan tinggi swasta di Jakarta. Jurnal Pendidikan Tinggi Indonesia, 15(2), 145-162.

19. Andriyani, S., & Setiabudi, H. (2024). Integrasi teknologi pembelajaran dalam era digital: Tantangan dan peluang bagi pendidikan tinggi Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 78-95.

20. Anggraeni, D., & Susilo, A. (2023). Adaptasi mahasiswa dalam pembelajaran hibrid pasca pandemi: Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(3), 201-218.

21. Dewi, N. K., & Arifin, M. (2024). Motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran: Dampaknya terhadap keterlibatan mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Pendidikan, 19(1), 34-51.

22. Dewi, S. P., & Firmansyah, R. (2024). Kesiapan kerja lulusan pemasaran: Analisis kesenjangan antara kompetensi akademik dan kebutuhan industri. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 21(2), 112-129.

23. Fatimah, L., & Suryadi, E. (2023). Dinamika persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar: Studi longitudinal pada mahasiswa fakultas ekonomi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(2), 89-106.

24. Fitriani, A., & Mulyana, D. (2024). Transformasi pembelajaran pasca pandemi: Implementasi model hibrid dalam pendidikan tinggi Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 23-40.

25. Gunawan, I., & Setiawan, B. (2024). Pengaruh budaya kolektivis terhadap pola pembelajaran mahasiswa Indonesia: Sebuah tinjauan sosiokultural. Jurnal Antropologi Pendidikan, 8(1), 45-62.

26. Handayani, R., & Rahman, A. (2023). Evolusi pendidikan pemasaran di era digital: Tantangan dan strategi adaptasi kurikulum. Jurnal Pendidikan Bisnis, 16(3), 167-184.

27. Handoko, T., & Larasati, D. (2023). Validitas dan reliabilitas instrumen pengukuran lingkungan belajar dalam konteks pendidikan tinggi Indonesia. Jurnal Pengukuran Pendidikan, 9(2), 78-95.

28. Hartini, S., & Susanto, J. (2023). Kebijakan berbasis bukti dalam pendidikan tinggi: Implementasi dan tantangannya di Indonesia. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 13(1), 56-73.

29. Hasanah, U., & Firmansyah, A. (2023). Efektivitas integrasi teknologi dalam pembelajaran: Analisis terhadap platform pembelajaran digital di perguruan tinggi. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 10(2), 134-151.

30. Hidayati, N., & Sukmawati, R. (2023). Kesetaraan akses pendidikan tinggi: Analisis dampak latar belakang sosioekonomis terhadap pengalaman belajar mahasiswa. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 12(3), 198-215.

31. Indrawati, M., & Purwanto, H. (2024). Pendekatan holistik dalam penelitian lingkungan belajar: Integrasi faktor individual dan kontekstual. Jurnal Metodologi Penelitian Pendidikan, 17(1), 67-84.

32. Kartika, D., & Wahyudi, S. (2023). Peran motivasi belajar dalam menciptakan lingkungan pembelajaran kolaboratif: Studi pada mahasiswa manajemen. Jurnal Motivasi dan Pembelajaran, 8(2), 89-106.

33. Kurniawan, E., & Sari, L. (2023). Metodologi penelitian pendidikan di Indonesia: Tinjauan terhadap penggunaan teknik statistik lanjutan dalam studi lingkungan belajar. Jurnal Statistika Pendidikan, 15(1), 23-41.

34. Kusuma, A., & Pratiwi, D. (2024). Dampak lingkungan belajar terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa: Perspektif student-centered learning. Jurnal Pengembangan Akademik, 20(1), 45-63.

35. Kusumawati, E., & Hartawan, I. (2023). Adaptasi teori pembelajaran Barat dalam konteks budaya Indonesia: Sebuah analisis kritis. Jurnal Teori Pembelajaran, 11(2), 112-129.

36. Lestari, P., & Hidayat, R. (2024). Kompetensi pedagogis dosen dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif: Studi multi-kasus di universitas negeri. Jurnal Profesionalisme Dosen, 18(1), 78-95.

37. Maharani, F., & Budiono, S. (2023). Karakteristik pembelajaran mahasiswa Indonesia: Analisis preferensi struktur dan bimbingan dalam proses belajar. Jurnal Karakteristik Pembelajar, 7(3), 156-173.

38. Maharani, T., & Setiawan, A. (2023). Keselarasan pendidikan tinggi dengan kebutuhan industri: Kajian terhadap lulusan program studi pemasaran. Jurnal Kerjasama Industri-Akademik, 14(2), 89-107.

39. Melinda, S., & Prasetya, R. (2023). Adopsi teknologi dalam pembelajaran: Evaluasi terhadap implementasi sistem pembelajaran digital di perguruan tinggi Indonesia. Jurnal Evaluasi Teknologi Pendidikan, 16(1), 34-52.

40. Novita, A., & Hartono, B. (2023). Pendekatan integratif dalam penelitian determinan pembelajaran: Mengatasi fragmentasi dalam studi pendidikan tinggi. Jurnal Pendekatan Penelitian, 9(3), 167-184.

41. Nugroho, A., & Sari, M. (2024). Penguasaan materi sebagai prediktor partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran kolaboratif. Jurnal Pembelajaran Kolaboratif, 13(1), 56-74.

42. Nurhasanah, I., & Sugiyanto, D. (2024). Dinamika lingkungan belajar: Analisis longitudinal terhadap perubahan persepsi mahasiswa selama masa studi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 22(2), 123-140.

43. Permana, R., & Salsabila, H. (2024). Reimajinasi lingkungan belajar di era digital: Integrasi teknologi dalam pembelajaran hibrid. Jurnal Inovasi Pembelajaran Digital, 8(1), 89-107.

44. Prasetyo, W., & Utami, S. (2024). Keragaman mahasiswa dalam lingkungan belajar inklusif: Analisis terhadap faktor sosioekonomis dan geografis. Jurnal Inklusivitas Pendidikan, 10(2), 78-96.

45. Pratama, D., Sari, N., & Wijaya, R. (2024). Kebutuhan pembelajaran experiential dalam pendidikan pemasaran: Perspektif mahasiswa dan industri. Jurnal Pendidikan Experiential, 12(1), 145-163.

46. Purnama, I., & Arianti, F. (2024). Integrasi teori pembelajaran dalam memahami determinan lingkungan belajar: Sebuah kerangka komprehensif. Jurnal Teori Pendidikan Terpadu, 15(3), 201-219.

47. Rahayu, S., & Sutrisno, E. (2023). Gaya mengajar responsif dan dampaknya terhadap kualitas lingkungan belajar di perguruan tinggi. Jurnal Gaya Mengajar, 17(2), 134-151.

48. Rahmawati, D., & Budiman, A. (2024). Pendekatan interdisipliner dalam penelitian lingkungan belajar: Integrasi psikologi lingkungan dan perilaku organisasi. Jurnal Interdisipliner Pendidikan, 6(1), 45-63.

49. Riani, P., & Sutomo, H. (2024). Generalizabilitas lintas budaya dalam teori pembelajaran: Analisis kritis terhadap penerapan teori Barat di Indonesia. Jurnal Lintas Budaya Pendidikan, 11(2), 89-107.

50. Safitri, L., & Budiono, T. (2024). Metodologi penelitian lanjutan dalam pendidikan: Implementasi Structural Equation Modeling untuk analisis faktor kompleks. Jurnal Metodologi Lanjutan, 13(1), 56-74.

51. Safitri, N., & Rachman, F. (2023). Kesenjangan kurikulum dan ekspektasi industri dalam pendidikan pemasaran: Analisis terhadap relevansi program studi. Jurnal Relevansi Kurikulum, 18(3), 178-195.

52. Santosa, B., & Wijayanti, A. (2024). Evolusi metodologi penelitian lingkungan belajar: Dari deskriptif menuju analisis kausal kompleks. Jurnal Evolusi Metodologi, 14(1), 67-85.

53. Sari, K., & Putri, A. (2023). Transformasi paradigma pembelajaran dalam era hibrid: Dampak pandemi terhadap pendidikan tinggi Indonesia. Jurnal Transformasi Pendidikan, 19(2), 123-141.

54. Sartika, R., & Nugroho, D. (2023). Inovasi dalam integrasi teoretis pembelajaran: Pengembangan kerangka multi-teori untuk pendidikan bisnis. Jurnal Inovasi Teori Pembelajaran, 10(1), 34-52.

55. Septiani, W., & Widodo, S. (2024). Tantangan pengukuran kualitas lingkungan belajar: Analisis terhadap instrumen dan metode evaluasi existing. Jurnal Pengukuran Kualitas Pendidikan, 16(2), 112-130.

56. Sulistya, H., & Mahardhika, P. (2023). Paradigma penelitian pendidikan tradisional versus interdisipliner: Analisis kritis terhadap pendekatan penelitian di Indonesia. Jurnal Paradigma Penelitian, 8(3), 189-207.

57. Utami, R., & Prasetyo, J. (2023). Kapasitas penelitian pendidikan di Indonesia: Evaluasi terhadap penggunaan metodologi dan teknik analisis lanjutan. Jurnal Kapasitas Penelitian, 12(2), 78-96.

58. Wibowo, A., & Kusuma, T. (2024). Adaptasi mahasiswa Indonesia dalam lingkungan pembelajaran hibrid: Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar. Jurnal Adaptasi Pembelajaran, 21(1), 89-107.

59. Widyastuti, L., & Rahman, S. (2024). Implementasi kebijakan berbasis bukti dalam pengembangan lingkungan belajar di perguruan tinggi Indonesia. Jurnal Implementasi Kebijakan, 15(1), 45-62.

60. Wijaya, H., & Pertiwi, S. (2023). Dampak penguasaan materi terhadap dinamika pembelajaran: Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis. Jurnal Dinamika Pembelajaran, 20(3), 156-174.

61. Wulandari, I., & Prasetyawan, Y. (2024). Keterhubungan industri dalam pendidikan pemasaran: Model kolaborasi untuk meningkatkan relevansi kurikulum. Jurnal Kolaborasi Industri-Pendidikan, 17(1), 67-85.

Downloads

Published

2025-08-25

How to Cite

Widodo, S., Kusjono, G., & Sunardi, S. (2025). Determinan Lingkungan Belajar Mata Kuliah Manajemen Pemasaran: Peran Penguasaan Materi, Kualitas Pengajaran, dan Motivasi Belajar. Jurnal Ekonomi Efektif, 7(4), 418–431. https://doi.org/10.32493/JEE.v7i4.53011

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.