Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v3i1.30413Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang melakukan pembelian pada J&T Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan sebesar 9.122 konsumen pada tahun 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (88.681 > 2.700), Signifikansi (0.000 < 0.05). Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan persamaan regresi Y = 6.465 + 0.201X1 + 0.641X2. Nilai korelasi sebesar 0,733 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 64.9% sedangkan sisanya sebesar 35.1% dipengaruhi faktor lain.
References
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Anton Sudrajat, Andi Surya Rahmana, dan Sugiyanto (2021) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Jual Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan. Jurnal Humanis, Universitas Pamulang Vol. 01, No. 2, Jani 2021 ISSN : 2746-4482.
Asep Sulaeman, Komarudin, dan Suharni Rahayu (2022) Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Supermall Karawaci Tangerang. Jurnal Arastirma, Universitas Pamulang Vol.2, No.2 Agustus 2022 ISSN : 2775-9687
Dana (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Layanan Internet First Media Di Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, Universitas Pamulang Vol 2, No 2 Agustus 2022 ISSN : 2775-9687.
Dede Solihin dan Estiko Wibawanto (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Fasible Bisnis Kewirausahaan dan Koperasi Universitas Pamulang Vol. 3, No. 3, Juni 2020 (30-36) ISSN : 2598-2893.
Elizabeth Tika Kristina Hartuti (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pizza. Jurnal Ekonomi Efektif, Universitas Pamulang Vol. 2, No.2, Februari 2020 ISSN : 2622-9935.
Firmansyah, M. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Irmawan, Muhamad Rizki Pambudi, Nuriel Baetha Annida, Sachro Yusuf dan Imas Masriah (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada J.Co Donuts & Coffee Di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Perkusi Pemasaran, Keuangan & Sumber Daya Manusia. Universitas Pamulang Vol 2, No 4 Oktober (2022) ISSN 2776-1568.
Kanuk & Schiffman. (2019). Keputusan pembelian. (Alih Bahasa Rio, Yulihar, dan Reni). Francis.
Kristiawan, Muhammad dkk, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Deeplubish, (2017)
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CVAl Fath Zumar.
Lupiyoadi, R., (2018). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3, Jakarta: Salamba Empat.
Machfoedz. (2018) Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UUP AMP YKPN.
Purba, T. P. & Limakrisna, N. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Rohana, A. F., Syafitri, C. D., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus pada Masyarakat di Karawang). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(3), 259-269.
Sipayung dan Rustam (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Universitas Pamulang Vol. 05, No.2 / Februari 2022 ISSN: 2598-2893.
Sugeng Widodo,Cecep Efendi dan Gatot Kusjono (2021) Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kalkulator Merek Casio Pada Toko Citra Pasar Senen Di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Fasible Bisnis Kewirausahaan dan Koperasi Universitas Pamulang Vol.3 No.1, Februari 2021(62- 86) ISSN : 2656 – 1964.
Sugiyono (2018)Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.
Sunanto (2021) Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Giant Ekstra CBD Bintaro). Jurnal Ilmiah Fasible Bisnis Kewirausahaan dan Koperasi Universitas Pamulang Vol.3 No.1, Februari 2021 ISSN: 2656-1964
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113-123.
Terry dalam R.Supomo dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.
Tjiptono, F. & Diana, A. (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa, Karakteristik Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi
Veri Riandika dan Juhaeri (2022) Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Paparan’s Cafe Tangerang. KARIR : Jurnal Ilmiah Manajemen, Universitas Pamulang Vol. 1, No. 1, Oktober 2022 (Halaman 13-25 )
Wardana, W. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Budi Utama, Cetakan Ketiga
Yamit, Z. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.