Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Akuntansi pada Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Angkatan Tahun 2022

Authors

  • Putri Amelia Universitas Teknologi Digital
  • Neng Tika Septika S Universitas Teknologi Digital

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmw.v5i1.48676

Keywords:

Motivasi Belajar; Lingkungan Kampus; Minat Belajar Akuntansi; Regresi Linier

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi ketertarikan mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah akuntansi, dengan fokus pada mahasiswa angkatan 2022 di Universitas Teknologi Digital. Dua variabel utama yang diteliti adalah motivasi dalam belajar dan kondisi lingkungan kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menerapkan analisis regresi linier berganda sebagai metode analisis data. Sampel penelitian terdiri dari 72 mahasiswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling, berdasarkan perhitungan rumus Solvin dari total populasi sebanyak 257 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket berbasis skala Likert, dan seluruh data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa motivasi belajar berperan penting dan berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa dalam mempelajari akuntansi. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat motivasi yang dimiliki, maka semakin besar pula antusiasme mereka terhadap mata kuliah tersebut. Sementara itu, pengaruh dari lingkungan kampus terhadap minat belajar tidak menunjukkan signifikansi secara statistik. Namun, saat keduanya diuji secara simultan, variabel motivasi dan lingkungan kampus bersama-sama memberikan dampak yang signifikan terhadap minat mahasiswa untuk mendalami akuntansi.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). Minat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Curahman, C. (2020). Pengaruh lingkungan kampus, motivasi mahasiswa, dan faktor-faktor terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Kabupaten Subang. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 99–111.

Meilani, R. (2017). Minat belajar dalam perspektif pendidikan. Bandung: Pustaka Edukasi.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79–86. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8108/5131

Saputra, M. A., & Pustikaningsih, A. (2018). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Journal Student UNY. https://eprints.uny.ac.id/52130/1/Skripsi_Muhammad%20Asri%20Saputra_13803249006.pdf

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, L. Y. S. (2020). Motivasi sebagai pengubahan perilaku. Forum Paedagogik, 11(2), 81–97.

Tampubolon, D. (2017). Strategi Pembelajaran Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tika, N. (2022). Pengaruh Lingkungan Kampus terhadap Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi. Bandung: Universitas Teknologi Digital Press.

Widiarsih, T. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Core. https://core.ac.uk/download/pdf/83147236.pdf

Downloads

Published

2025-04-27

How to Cite

Amelia, P., & Septika S, N. T. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Akuntansi pada Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Angkatan Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 5(1), 39–47. https://doi.org/10.32493/jmw.v5i1.48676

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.