Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Akuntansi pada Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Angkatan Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v5i1.48676Keywords:
Motivasi Belajar; Lingkungan Kampus; Minat Belajar Akuntansi; Regresi LinierAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi ketertarikan mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah akuntansi, dengan fokus pada mahasiswa angkatan 2022 di Universitas Teknologi Digital. Dua variabel utama yang diteliti adalah motivasi dalam belajar dan kondisi lingkungan kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menerapkan analisis regresi linier berganda sebagai metode analisis data. Sampel penelitian terdiri dari 72 mahasiswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling, berdasarkan perhitungan rumus Solvin dari total populasi sebanyak 257 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket berbasis skala Likert, dan seluruh data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa motivasi belajar berperan penting dan berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa dalam mempelajari akuntansi. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat motivasi yang dimiliki, maka semakin besar pula antusiasme mereka terhadap mata kuliah tersebut. Sementara itu, pengaruh dari lingkungan kampus terhadap minat belajar tidak menunjukkan signifikansi secara statistik. Namun, saat keduanya diuji secara simultan, variabel motivasi dan lingkungan kampus bersama-sama memberikan dampak yang signifikan terhadap minat mahasiswa untuk mendalami akuntansi.
References
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). Minat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Curahman, C. (2020). Pengaruh lingkungan kampus, motivasi mahasiswa, dan faktor-faktor terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Kabupaten Subang. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 99–111.
Meilani, R. (2017). Minat belajar dalam perspektif pendidikan. Bandung: Pustaka Edukasi.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79–86. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8108/5131
Saputra, M. A., & Pustikaningsih, A. (2018). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Journal Student UNY. https://eprints.uny.ac.id/52130/1/Skripsi_Muhammad%20Asri%20Saputra_13803249006.pdf
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, L. Y. S. (2020). Motivasi sebagai pengubahan perilaku. Forum Paedagogik, 11(2), 81–97.
Tampubolon, D. (2017). Strategi Pembelajaran Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tika, N. (2022). Pengaruh Lingkungan Kampus terhadap Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi. Bandung: Universitas Teknologi Digital Press.
Widiarsih, T. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Core. https://core.ac.uk/download/pdf/83147236.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




.png)