Pengaruh Sosial Media terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Online Marketplace

Authors

  • Rahadyan Tajuddien Universitas Pamulang
  • Alvin Praditya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23169

Keywords:

Sosial Media, Perilaku Konsumtif

Abstract

Tujuan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Sosial Media Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Online Marketplace.

Metode. Metode dalam penelitian ini adalah regresi menggunakan jumlah sampel sebanyak 116 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pamulang. Data yang terkumpul dianalisis dengan aplikasi program SPSS.

Hasil. Sosial Media mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Ini menunjukkan Sosial Media merupakan media Promosi yang efektif memberikan pengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswa.

Implikasi. Sosial Media merupakan salah satu penentu Perilaku Konsumtif karena strategi Promosi Sosial Media yang baik akan mencipta Perilaku Konsumtif. Perhatian pada Sosial Media makin meningkat karena data pelanggan yang meningkat menggunakan sosial media dalam periode tahun-tahun terakhir. Fenomena ini dapat terjadi saat pelanggan semakin lama lebih terpusat pada gadget dan konten sosial media.

References

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.441 04

McQuail, Denis. (2012). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba.

Mowen, J. C. & l Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Santoso, Singgih. (2012). Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sumabi Retno, (2017), Konsep Konsumsi, Konsumen, Konsumtif, Konsumerisme, Jakarta: Universtitas Terbuka.

Umar. H. (2012). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widyaningrum, S., & Puspitadewi, N.W.S. (2016). Perbedaan Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Tipe Kepribadian Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 6(6).

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Tajuddien, R., & Praditya, A. (2022). Pengaruh Sosial Media terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Online Marketplace. Jurnal Arastirma, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23169

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.