Pengaruh Sosial Media terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Online Marketplace
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23169Keywords:
Sosial Media, Perilaku KonsumtifAbstract
Tujuan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Sosial Media Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Online Marketplace.
Metode. Metode dalam penelitian ini adalah regresi menggunakan jumlah sampel sebanyak 116 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pamulang. Data yang terkumpul dianalisis dengan aplikasi program SPSS.
Hasil. Sosial Media mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Ini menunjukkan Sosial Media merupakan media Promosi yang efektif memberikan pengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswa.
Implikasi. Sosial Media merupakan salah satu penentu Perilaku Konsumtif karena strategi Promosi Sosial Media yang baik akan mencipta Perilaku Konsumtif. Perhatian pada Sosial Media makin meningkat karena data pelanggan yang meningkat menggunakan sosial media dalam periode tahun-tahun terakhir. Fenomena ini dapat terjadi saat pelanggan semakin lama lebih terpusat pada gadget dan konten sosial media.
References
Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.441 04
McQuail, Denis. (2012). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba.
Mowen, J. C. & l Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Santoso, Singgih. (2012). Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Sumabi Retno, (2017), Konsep Konsumsi, Konsumen, Konsumtif, Konsumerisme, Jakarta: Universtitas Terbuka.
Umar. H. (2012). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widyaningrum, S., & Puspitadewi, N.W.S. (2016). Perbedaan Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Tipe Kepribadian Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 6(6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).