Analisis Faktor yang Mempengaruhi Passenger Satisfaction Bus Rapid Transit di Jakarta

Authors

  • Alvin Praditya Universitas Pamulang
  • Rahadyan Tajuddien Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28184

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Passenger Satisfaction Bus Rapid Transit Di Jakarta.

Metode. Metode dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis) menggunakan jumlah sampel sebanyak 119 penumpang. Data yang terkumpul dianalisis dengan aplikasi program SPSS.

Hasil. Hasil analisis deskriptif terhadap variabel keputusan pembelian  menunjukan nilai yang tinggi pada setiap indikatornya. Namun ada satu  hal yang perlu di tingkatkan yaitu bus trans Jakarta harus penyediaan informasi tentang bus trans Jakarta kepada penumpang baik lewat media informasi atau info di tempat yang strategis. Dari hasil penelitian terhadap pengaruh variabel keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen menunjukan pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 49%. Hasil ini menunjukan bahwa keputusan pembelian memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasan konsumen sehingga bus trans Jakarta perlu memperhatikan terkait yang melatar belakangi keputusan pembelian konsumen.

Implikasi. Diharapkan agar pengelola bus rapid transit meningkatkan kualitas pelayanan dengan menepati jadwal kedatangan dan keberangkatan yang telah ditentukan. 

References

Arikunto, Suharsimi, 2016. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.jakarta: Rineka cipta

Assauri, Sofyan. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Abdi Tandur

Eboli, Laura and Mazzulla Gabriella (2017). Journal of Public Transportation, Vol. 10, No. 3,

Gaspersz, Vincent 2015. Total Quality management. Jakarta: PT Gramedia pustaka Indonesia

Ghozali, Imam dan Fuad. 2018. Structural equation modeling, teori, konsep, aplikasi dengan Program Lisrel 8.80. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hadi, Sutrisno. 2014. Statistik. Yogyakarta: penerbit Andi

Kotler, Philip dan Amstrong 2011. Prisip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller K L 2019. Manajemen pemasaran jilid 1. Indonesia: PT Indeks

Kotler, Philip dan Keller K L 2019. Manajemen pemasaran jilid 2. Indonesia: PT Indeks

Lupiyoadi, Rambat 2016 Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba empat

Lupiyoadi, Rambat 2019 Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba empat

Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori & Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M N 2015. Manajemen mutu terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia anggota Ikapi

Rangkuti, Freddy 2016. Measuring customer satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Salim, Abbas. 2018. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Simamora, Bilson 2014. Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.

Soemantri, Ating & Sambas Ali Muhidin. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Supranto, J 2019. Statistik, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Tjiptono, Fandy 2019. Service marketing, esensi dan aplikasi. Yogyakarta: Marknesis

Tjiptono, Fandy 2012. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia 2013. Total Quality Manajemen. Yogyakarta: penerbit Andi

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen Jasa.Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein 2012. Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: Jakarta business center (JBRC)

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Praditya, A., & Tajuddien, R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Passenger Satisfaction Bus Rapid Transit di Jakarta. Jurnal Arastirma, 3(1), 18–28. https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28184

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.