Analisis Faktor yang Mempengaruhi Passenger Satisfaction Bus Rapid Transit di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28184Keywords:
Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Passenger Satisfaction Bus Rapid Transit Di Jakarta.
Metode. Metode dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis) menggunakan jumlah sampel sebanyak 119 penumpang. Data yang terkumpul dianalisis dengan aplikasi program SPSS.
Hasil. Hasil analisis deskriptif terhadap variabel keputusan pembelian menunjukan nilai yang tinggi pada setiap indikatornya. Namun ada satu hal yang perlu di tingkatkan yaitu bus trans Jakarta harus penyediaan informasi tentang bus trans Jakarta kepada penumpang baik lewat media informasi atau info di tempat yang strategis. Dari hasil penelitian terhadap pengaruh variabel keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen menunjukan pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 49%. Hasil ini menunjukan bahwa keputusan pembelian memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasan konsumen sehingga bus trans Jakarta perlu memperhatikan terkait yang melatar belakangi keputusan pembelian konsumen.
Implikasi. Diharapkan agar pengelola bus rapid transit meningkatkan kualitas pelayanan dengan menepati jadwal kedatangan dan keberangkatan yang telah ditentukan.
References
Arikunto, Suharsimi, 2016. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.jakarta: Rineka cipta
Assauri, Sofyan. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Abdi Tandur
Eboli, Laura and Mazzulla Gabriella (2017). Journal of Public Transportation, Vol. 10, No. 3,
Gaspersz, Vincent 2015. Total Quality management. Jakarta: PT Gramedia pustaka Indonesia
Ghozali, Imam dan Fuad. 2018. Structural equation modeling, teori, konsep, aplikasi dengan Program Lisrel 8.80. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hadi, Sutrisno. 2014. Statistik. Yogyakarta: penerbit Andi
Kotler, Philip dan Amstrong 2011. Prisip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller K L 2019. Manajemen pemasaran jilid 1. Indonesia: PT Indeks
Kotler, Philip dan Keller K L 2019. Manajemen pemasaran jilid 2. Indonesia: PT Indeks
Lupiyoadi, Rambat 2016 Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba empat
Lupiyoadi, Rambat 2019 Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba empat
Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori & Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Nasution, M N 2015. Manajemen mutu terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia anggota Ikapi
Rangkuti, Freddy 2016. Measuring customer satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Salim, Abbas. 2018. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Simamora, Bilson 2014. Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.
Soemantri, Ating & Sambas Ali Muhidin. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Supranto, J 2019. Statistik, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga
Tjiptono, Fandy 2019. Service marketing, esensi dan aplikasi. Yogyakarta: Marknesis
Tjiptono, Fandy 2012. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia 2013. Total Quality Manajemen. Yogyakarta: penerbit Andi
Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen Jasa.Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein 2012. Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: Jakarta business center (JBRC)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).