Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan jasa Layanan Internet First Media di Tangerang Selatan

Authors

  • Dana Dana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23173

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Konsumen

Abstract

Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan.

Metode. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen First Media di Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 konsumen. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda.

Hasil. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan. Secara simultan kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan.

Implikasi. Dalam meningkatkan jumlah konsumen First Media di Tangerang Selatan sebaiknya perusahaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan promosi, hal ini karena kedua variabel tersebut terbukti berpengaruh signifikan positif.

 

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S, (2016), Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep Strategi, Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media.

Haryanto, A.T. (2021), "Pengguna Internet Indonesia Tembus 202,6 Juta" selengkapnya https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407210/pengguna-internet-indonesia-tembus-2026-juta

Jacklin, M. (2013). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, 2(3).

Kandoli, J. (2019). Analisa Pengaruh Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Taxi Online Go-Car Oleh Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA. 7(3).

Kotler. P., & Amstrong. G. (2014), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & K. L Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Miauw, K.Y. H. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(5).

Nasir, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Akses Internet Pt. Padi Internet Pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 60-67. doi:https://doi.org/10.33366/ref.v4i2.523.

Nur, A. M., Ghalib, S., & Utomo Setio. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pada Pelanggan Indihome Di Kota Palangka Raya. Studi. 9(1).

Sistaningrum, (2012), Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Kanisius,

Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.

Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK), Jurnal Semarak, 3(1).

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4(1).

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Edisi Kesatu. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.

Yuliana, I. (2016), Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Dan Lokasi, Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(6).

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Dana, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan jasa Layanan Internet First Media di Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 2(2), 225–234. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23173

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.