Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan jasa Layanan Internet First Media di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23173Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan KonsumenAbstract
Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan.
Metode. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen First Media di Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 konsumen. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda.
Hasil. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan. Secara simultan kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Internet First Media di Tangerang Selatan.
Implikasi. Dalam meningkatkan jumlah konsumen First Media di Tangerang Selatan sebaiknya perusahaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan promosi, hal ini karena kedua variabel tersebut terbukti berpengaruh signifikan positif.
References
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S, (2016), Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep Strategi, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media.
Haryanto, A.T. (2021), "Pengguna Internet Indonesia Tembus 202,6 Juta" selengkapnya https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407210/pengguna-internet-indonesia-tembus-2026-juta
Jacklin, M. (2013). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, 2(3).
Kandoli, J. (2019). Analisa Pengaruh Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Taxi Online Go-Car Oleh Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA. 7(3).
Kotler. P., & Amstrong. G. (2014), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga
Kotler, P. & K. L Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
Miauw, K.Y. H. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(5).
Nasir, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Akses Internet Pt. Padi Internet Pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 60-67. doi:https://doi.org/10.33366/ref.v4i2.523.
Nur, A. M., Ghalib, S., & Utomo Setio. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pada Pelanggan Indihome Di Kota Palangka Raya. Studi. 9(1).
Sistaningrum, (2012), Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Kanisius,
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105.
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.
Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK), Jurnal Semarak, 3(1).
Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4(1).
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Edisi Kesatu. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.
Yuliana, I. (2016), Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Dan Lokasi, Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).