Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Burger King di Botani Square Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23172Keywords:
Harga, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga Dan citra merek Terhadap keputusan pembelian Burger King di Botani Square Bogor.
Metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan burger king di Botani Square Bogor. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda.
Hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi harga yang dijual akan semakin menurunkan keputusan pembelian. Secara parsial citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi citra merek maka akan semakin tinggi keputusan pembelian. Secara simultan harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal tersebut menunjukkan bahwa semakin baik harga dan citra merek maka akan semakin tinggi keputusan pembelian.
Implikasi. Sebaiknya perusahaan lebih memberikan program penjualan yang dapat menciptakan daya saing harga produk sehingga harga produk lebih kompetitif mengingat dalam penelitian ini harga berpengaruh negatif.
References
Alamsyah, M.R., & Cahyono, K.E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Burger King Jemursari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). 10(6).
Amilia, S. dan M, Oloan. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualiatas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiomi di Kota Langsa. Jurnal manajemen dan Keuangan. 6(1) : 680-689.
Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26.
Deisy, M., Lapian, J., Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 2288-2297.
Emma, B. Alan, B. & Bill, B. (2019). Business Research Methods (5th ed.). United Kingdom: Oxford University Press.
Ernawati, R., Dwi, A.B., & Argo, J.G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ). 4(2).
Kotler. P., & Amstrong. G. (2014), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga
Kotler, P. & K. L Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
Lesmana, R. dan S, D, Ayu. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pt Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(3): 59-72.
Lestari, I, (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Mahmudah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen 5(1): 45-52.
Mahmudah, I, S dan M. Tiarawati. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White. Jurnal Bisnis dan Manajemen 6(2): 98-105
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. JBMA. 4(2): 60-69.
Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, N. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Online Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 45.
Rahman, (2013), Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo.
Simanjuntak, C.P., & Budiono, (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji (Studi Kasus pada Burger King Artha Gading Mall). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.
Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK), Jurnal Semarak, 3(1).
Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4(1).
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Edisi Kesatu. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.
Yustiawan, O. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(2): 1-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).