Pengaruh Green Product, Green Advertising dan Green Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin di Shopee (Studi Pada Pelanggan Avoskin di Shopee)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.41403Keywords:
Green Product, Green Advertising, Green Trust, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh green product, green advertising dan green trust terhadap keputusan pembelian.
Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 150 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 4.0
Hasil. Penelitian ini memberikan bukti temuan bahwa 1)Terdapat pengaruh tidak signifikan green product terhadap keputusan pembelian produk Avoskin di Shopee. 2)Terdapat pengaruh signifikan green product terhadap keputusan pembelian di mediasi green trust pada produk Avoskin di Shopee. 3)Terdapat pengaruh tidak signifikan green advertising terhadap keputusan pembelian produk Avoskin di Shopee. 4)Terdapat pengaruh signifikan green advertising terhadap keputusan pembelian di mediasi green trust pada produk Avoskin di Shopee. 5)Terdapat pengaruh signifikan green trust terhadap keputusan pembelian produk Avoskin di Shopee.
Implikasi. Green product dan green advertising memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, pihak Avoskin perlu memonitor kemasan produknya dan dapat memuat green advertising yang mudah dipahami.
References
Adialita, S. D. (2020). Pengaruh Green Product Knowledge, Green Trust Dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Konsumen AMDK Merek AQUA Dengan Botol 100% Recycled. Jurnal Administrasi Bisnis, 175.
Auli, D. (2023). Pengaruh Green Product Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sariayu Martha Tilaar Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 535-536.
Auli, D. (2023). Pengaruh Green Product Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sariayu Martha Tilaar Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 531-538.
Binsar, A. (2023, 9 25). 7 Daftar Negara Paling Bersih Di Dunia. Retrieved From Radio Republik Indonesia: Https://Www.Rri.Co.Id
Christianto, D. (2023). Analyzing The Impact Of Green Packaging, Green Products, And Green Advertising On Brand Love: The Case Study Of Aqua Life. ULTIMA Management, 167-169.
Damayanti, N. D. (2021). Pengaruh Green Packaging, Green Advertising, Green Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Body Shop. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 391-400.
Dianti, P. D. (2021). Green Product Dan Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Samudra Ekonomi & Bisnis, 132-133.
Duryadi. (2021). Buku Ajar Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis Dan Analisis Menggunakan Smartpls. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik Bekerja Sama Dengan Universitas Sains & Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) ISBN: 978-6236-141014.
Fitriyani, S. D. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, Dan Minat Beli Konsumen. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 151.
Ghozali, I. (2015). Structural Equation Modelling: Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Hardianti, D. (2023). Effectiveness Of Green Brand, Green Advertising, And Green Products On Customer Purchase Decisions On AVOSKIN PHTE In Yogyakarta. Ejournal.Ubharajaya.Ac.Id, 415.
Hasanah, H. D. (2020). The Influence Of Green Product, Green Advertising And Green Trust To The Purchase Decision Of Skincare Himalaya Herbals In Palapa Department Store Surabaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 18-21.
Pamela, D. (2023). Pengaruh Daya Tarik Celebrity Endorses, Green Trust Dan Customer Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green The Body Shop Di Sunrise Mall Mojokerto. EMAS, 24.
Permana, K. D. (2023). Analysis Of Green Product And Green Advertising On Purchase Decision Of Aqua Products Mediated By Green Trust. International Journal Of Innovative Science And Research Technology, 874-881.
Putri, D. (2023). Pengaruh Green Product Innovation Dan Green Marketing Terhadap Brand Image Dalam Purchase Decision Produk Avoskin Pada Konsumen Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (JUMMA), 48.
Rosalina, L. D. (2023). Buku Ajar Statistika. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah ISBN: 978-623-5612-86-7.
Rusin, D. (2019). Pengaruh Green Perceived Value Dan Green Perceived Risk Terhadap Green Trust, Green Purchase Intention Dan Green Purchase Behavior Pada Produk Green Cosmetics Di Indonesia, Studi Kasus: Sensatia Botanicals. Kajian Branding Indonesia, 144-145.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta ISBN: 979-8433-64-0.
Supu, D. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone Samsung Di Manado. Jurnal EMBA, 921.
Suroso, D. (2021). Keputusan Pembelian Natural Cosmetics Dengan Predicator Green Awareness Dan Green Brand Trust. Jurnal Bingkai Ekonomi, 62-70.
Winarso, D. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Internet Indihome Pada PT. X Dengan Pendekatan Part Least Square. Jurnal MATRIX, 80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ummi Hafizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).