Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Yang Berdampak Pada Kinerja Karyawan Pt. Iss Bintaro Tangerang Selatan

Authors

  • Angga Juanda Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.30594

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap kompetensi serta dampaknya terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kompetensi, untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kompetensi, untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kompetensi pada PT. ISS.

Metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif analisis. Maka dilakukan pengujian statistik untuk mengukur seberapa besar pengaruh diantara variabel-variabel yang diteliti dan proses perhitungan statistic lainnya dengan menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS).

Hasil. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi pengaruh secara parsial antara gaya kepemimpinan terhadap kompetensi yang positif sebesar t hitung 11,690 pada taraf signifikansi 0,000. Terjadi pengaruh secara parsial antara budaya organisasi terhadap kompetensi yang positif sebesar t hitung 9,497 pada taraf signifikansi 0,000. Terjadi pengaruh secara parsial antara kompetensi terhadap kinerja pengajar yang positif sebesar t hitung 11,642 pada taraf signifikansi 0,000. Dan hubungan secara simultan terjadi antara gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kompetensi yang positif sebesar f hitung77,767 dengan taraf signifikansi 0,000.

Implikasi. Simpulan dari hasil penelitian yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap kompetensi serta dampak terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun secara simultan.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

A.A. Anwar Prabu, Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.

Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE

Davis, Keith dan Newstrom, 2014, Perilaku Dalam Organisasi, Edisi ketujuh, Penerbit. Erlangga, Jakarta.

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2012).Management, Eleventh Edition, (United States of America: Pearson Education Limited).

Rusdy A. Rivai. (2019). Manajemen. Palembang: Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Samsuddin, H. (2018). Kinerja Karyawan tinjauan dari dimensi gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan komitmen organisasi. Indomedia Pustaka.

Siagian. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara. Jakarta.

Veithzal Rivai dan Basri. 2016. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Grafindo. Jakarta.

Wendy Sepmady Hutahaean. (2021). Buku Filsafat dan Teori Kepemimpinan. Malang: Ahlimedia Press.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Juanda, A. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Yang Berdampak Pada Kinerja Karyawan Pt. Iss Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 2(2), 338–348. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.30594