Pengaruh Daya Tarik dan Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Goa Jeruk Desa Kebonagung Kabupaten Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v4i1.38254Keywords:
Daya Tarik; Promosi; Keputusan Wisatawan BerkunjungAbstract
Tujuan. studi ini bertujuan mengetahui pengaruh daya tarik terhadap keputusan untuk mengunjungi Goa Jeruk, Desa Kebonagung, Kabupaten Sumenep, pengaruh promosi terhadap keputusan untuk mengunjungi Goa Jeruk, Desa Kebonagung, Kabupaten Sumenep, dan pengaruh daya tarik dan promosi bersamaan Goa Jeruk di Desa Kebonagung, Kabupaten Sumenep.
Metode. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang menggunakan pendekatan asosiatif dan deskriptif. Jumlah sampel dari semua orang yang menjawab adalah 100 Angket kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, Koefisien determinasi, koefisien korelasi, regresi linier sederhana dan berganda, dan hipotesis digunakan untuk menganalisis data.
Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial daya tarik dan promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan berkunjung. daya tariik dan promosi mempunyai pengaruh secara bersama terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Menunjukkan bahwa semakin banyak daya tarik dan promosi yang dilakukan semakin banyak keputusan berkunjung.
Implikasi. Pengelola wisata harus mempertimbangkan promosi sebagai salah satu faktor yang sangat memengaruhi keputusan wisatawan.
References
Ahmadin, F. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Promosi Terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pantai Panrita Lopi Kecamatan Muara Badak. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(1), 20.
Andrianto, M. S. (2020). Pengaruh Bauran Promosi dan Destinasi Wisata terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Taman Nasional Baluran. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 11(2), 71–82.
Ariansyah. (2021). Analisis Daya Tarik Wisata Dan Promosi Museum Kayu Tuah Himba Kabupaten Kutai. EJournal Admistrasi Bisnis, 9(4), 296–301.
Deni, M., & Winarni, S. (2017). Pengaruh Pramuwisata dan Promosi Terhadap Kunjungan Wisatawan Kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 40–48.
Farid, K., Kasmita, & Youmil, A. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Tamu Di Hotel Savali Padang. J. Home Econ. Tour, 15(2), 43.
Hastuti, P., & Ismayanti, D. (2018). Analisis Dampak Wisata Kampung Pelangi Terhadap Peningkatan Masyarakat Sekitar (Pedagang) Di Kelurahan Kecamatan Banjarbaru Selatan. Jieb : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(1), 29–35.
Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, O. M. (2016). Marketing: An Introduction, 13th global ed. (13th ed.). London: Pearson.
Pundissing, R. (2021). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Pongtorra ’ Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(1), 71–84.
Putri, L. T., & Irfandi, N. (2019). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Kuliner Malam (WKM) Terhadap Kunjungan Wisatawan Di Kota Pekanbaru. IKRAITH EKONOMIKA, 2(2), 132–140.
Rudini. (2017). Peranan Statistika Dalam Penelitian Sosial Kuantitatif. Jurnal SAINTEKOM, 6(2), 53.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Saragih, B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Bastard Clothing. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3).
Setyorini, T. (2018). “Influence of Implementation on Mix Promotion Model Strategy towards Tourist Visitation in Indonesia”.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (Edisi Kesatu). -Penerbit Alfabeta.
Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media.
Wildan, S., & Istijabatul, A. (2017). Konservasi Permainan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kampung (Studi Kasus Kampung Dolanan Sidowayah, Kabupaten Klaten). Cakra Wisata, 18(2), 35–47
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).