Analisis Online Costumer Review dan Persepsi Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Erigo di Shopee pada Mahasiswa/I Jurusan Manajemen Unimed

Authors

  • Mulia Puspita Sari Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Dina Sarah Syahreza Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v4i1.38443

Keywords:

Online Customer Review, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menilai pengaruh Online Customer Review dan Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian pakaian brand erigo di platform Shopee.

Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan teknik purposive sampling kepada sampel sebanyak 100 responden yang merupakan Mahasiswa/i Jurusan Manajemen Universitas Negeri Medan stambuk 2020-2022. Data yang terkumpul dianalisis melalui penerapan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review dan persepsi harga baik secara parsial maupun secara bersama-sama, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari hasl uji simultan (uji F) dan hasil uji parsial (uji t) juga menunjukkan nilai signifikan dari dua variabel yang mendukung hipotesa.

Implikasi. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya ulasan pelanggan dan persepsi harga dalam memengaruhi pembelian online, khususnya untuk merek pakaian Erigo di Shopee. Ini menunjukkan bahwa bisnis perlu meningkatkan kualitas produk dan reputasi merek, serta menyesuaikan harga sesuai dengan pandangan konsumen. Ini juga memberi wawasan kepada mahasiswa dan praktisi pemasaran tentang perilaku konsumen dalam belanja online.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Ed Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmawan, D., & A. R. Putra. 2022. Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Implusif. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(1), 26-45

Khasanah, H., S. Arum, & D. Darmawan. 2010. Pengantar Manajemen Bisnis, Spektrum Nusa Press, Jakarta

Khayru, R.K. 2021. Opinions about Customer Behavior during the Covid-19 Pandemic, Journal of Social Science Studies, 1(1), 31-36.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Price, L. L., Arnould, E. J., Tierney, P., Price, L. L., & Arnould, E. J. (1995). Service Extremes : Managing Encounters and Assessing Provider Performance to, 59(2), 83–97.

Putra, A.R., M. M. D. H. Rudiansyah, D. Darmawan, R. Mardikaningsih & E. A. Sinambela. 2022.. Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Fisik, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Lottemart. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 71-85

Rangkuti, F. 2008. The Power of Brands. Gramedia Jakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Kedu). Alfabeta.

Weisstein, F. L., L. Song, P. Andersen&Y. Zhu. 2017. Examining impacts of negative reviews and purchase goals on customer purchase decision. Journal of Retailing and Customer Services, 39, 201–207.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1 .2100

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Puspita Sari, M., & Sarah Syahreza, D. (2024). Analisis Online Costumer Review dan Persepsi Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Erigo di Shopee pada Mahasiswa/I Jurusan Manajemen Unimed. Jurnal Arastirma, 4(1), 294–304. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i1.38443