Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Aldila Rahma Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v3i2.38809

Keywords:

Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada jasa photocopy Yes Print di Pondok Kacang Tangerang Selatan.

Metode. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode kusioner atau angket, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen jasa photocopy Yes Print yaitu sebanyak 3.408 orang konsumen, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, dari hasil perhitungan diperoleh 97 orang konsumen yang dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil.   Penelitian ini membuktikan bahwa Harga (X1) berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada jasa photocopy Yes Print di Pondok Kacang Tangerang Selatan, kemudian Lokasi (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada jasa photocopy Yes Print di Pondok Kacang Tangerang Selatan, serta yang ketiga Harga (X1) dan Lokasi (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada jasa photocopy Yes Print di Pondok Kacang Tangerang Selatan.

Implikasi.  Perusahaan dapat lebih baik lagi dalam penyediaan jasa yang lebih berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan kontrol rutin terhadap karyawan dan alat-alat yang digunakan dalam kegiatan operasional usaha, sehingga jasa yang ditawarkan sesuai dengan ekspektasi dan keinginan konsumen.

References

Atmanegara, S., Cahyono, D., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, CItra Perusahaan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal JSMBI, 79-89.

Effendy, A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 66-82.

Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Jurnal AdBispreneur, 2(2), 107-115.

Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194-211.

Fadilah, N., & Hidayati, D. (2017). Manajemen Pemasaran Produk Kakao Kebun Banjarsari Ptp XII Jember. Neo-Bis, 11(1), 88-102.

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan . Jurnal Islamic Education Manajemen, 4 (2), 209-220.

FIrdiyansyah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN, 1(1), 1-9.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kedelapan. Semarang: Universitas Dipoegoro.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1) , 61-72.

Hermawan, H, B. E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: Nasya Expanding Management (NEM).

Kotler, P., & Amstrong. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Krisdayanto, I., Haryono, A., & Gagah, E. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management, 4(4), 35-45.

Maramis, F., Sepang, J., & Soegoto, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA, 6 (3), 1658-1667.

Marpaung, F. K., Simarmata, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe . Jurnal Manajemen 1(1), 49-64.

Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 79-94.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Nasution, M. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk alat kesehatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada pt. Dyza sejahtera medan. Warta Dharmawangsa, 13(1).

Nugroho, D. (2017). Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pusaka Setia.

Ritonga, M., Irawan, & El Fikri, M. (2017). Faktor Manajemen Biaya Dan Manajemen Pemasaran Terhadap Pendapatan Melalui Intensitas Produksi Pada Ukmindustri Rumahan Di Kota BinjaI. Jurnal Manajemen Tools, 68-78.

Rohman, A. (2017). Dasar-dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media.

Saputra, A. (2018). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pasar Tradisional ( Studi Kasus Pasar Tradisional di Kecamatan Medan Johor). Jurnal Manajemen Bisnis STIE IBB, 23(1), 10-18.

Sentiana, S. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 247-254.

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. In Proceedings (Vol. 1, No. 1)., 343-347.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jumant,8(2), 87-96.

Sjawal, B., Mananeke, L., & Jorie, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kafe (Studi Kasus Pada Konsumen Blen. Co Café Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3), 379-388.

Sofyan, S. (2017). Pengaruh Periklanan, Sales Promotion, Personal Selling Dan Publicity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aksesoris Mobil (Studi Kasus Kilat Service Medan). Jurnal Ilmiah SMART, 1(1), 48-52.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.

Sugiyanto, & Haryoko, U. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Yayasan Pendidikan dan Sosial. (YPSIM).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Edisi Kedua : Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.

Suhandi, S., Hanafiah, H., & Harsono, P. (2020). Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng Khas Kabupaten Pandeglang. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 10(2), 143-152.

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7-13.

Sutanto T.A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Dagang Di Kota Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 1-14.

Syahidin, & Adnan. (2022). Analisis Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesan Takengon. Journal of Economics Review (GPJER), 20-32.

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan . Yogyakarta: Andi Offset.

Yulianti, f., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deeppublish

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Rahma Putri, A. (2023). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Arastirma, 3(2), 444–454. https://doi.org/10.32493/jaras.v3i2.38809