Membangun Kepuasan Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pada Usaha Konveksi Alfira Di Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i2.31839Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Konveksi Alfira di Bogor.
Metode. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Asosiatif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini konsumen Konveksi Alfira pada tahun 2021 sebanyak 255 orang. Teknik sampling menggunakan teknik Simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin yang menghasil sampel berjumlah 72 orang sebagai responden. Metode pengumpulan data observasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan ganda, uji koefisien korelasi (R), uji determinasi (R Square), dan uji hipotesis (uji F dan uji t).
Hasil. Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y=3,401+0,626X1 dan kontribusi pengaruh sebesar 69,2%, uji hipotesis diperoleh nilai t_hitung> t_tabel atau (6,313 > 1,995). Kualitas Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y=3,623+0,409X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 57,1%, uji hipotesis diperoleh nilai t_hitung> t_tabel atau (3,010 > 1,995). Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 1.145 + 0,460X1 + 0,158X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 72,8%, uji hipotesis diperoleh nilai F_hitung > F_tabel atau (92,251 > 3,130).
Implikasi. Untuk mempertahankan kepuasan konsumen pada Usaha Konveksi Alfira di Bogor perlu adanya usaha mengadakan perbaikan meningkatkan kepuasan konsumen pada variabel Kualitas produk dan kualitas Pelayanan. Dengan upaya meningkatkan kepuasan konsumen diharapkan kepuasan konsumen akan semakin meningkat.
References
Agusti, I. S., & Verano, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (KFC arjuna Medan Perjuangan). Jurnal NIAGAWAN Vol.11 No.1 Universitas Negeri Medan.
Ahidin, U. (2018). Membangun Kepuasan Nasabah Melalui Kualitas Pelayanan Pada Nasabah Pinjaman Pt Bpr Prima Kredit Mandiri Cabang Ciputat Kota Tangerang Selatan. Jurnal Kompetitif Manajemen Pemasaran Vol. 1 No.2.
Apriyanti, P., Surya, D., & Lutfi. (2017). Analisis Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank Bjb Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol.1 (2), 159-166.
Haerunissa, & Artika, G. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Prima Autoworld di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Perkusi (Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia) Vol.2 No.3.
Haryoko, U. B., Pratama, A., & Nofitriani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Pt. Media Televisi Indonesia (Metro Tv). Jurnal Ilmiah Feasible: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 2(2), 115-125.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Sate Kelinci Mas Asep di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol.6 No. 1, Hal. 72-78.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Edisi 15. Pearson Pretice Hall, Inc, New Jersey.
Machfoedz, M. (2015). Pengantar Pemasaran Modern, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Maddinsyah, A., & Janah, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Mandiri (Jamu Keliling) Milik Ibu Sumarmi Tegalrotan Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Perkusi (Pemasaran, Keuangan & Sumber Daya Manusia), 2(1), 87-93.
Maria, M., & Anshori, M. Y. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, (1), 50-51.
Mishella, M., & Tandra. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Era New Normal Pada Starbucks Manado Town Square. Jurnal EMBA Vol.9 No.4 Universitas Sam Ratulangi, Hal. 1476 - 1484.
Nugraha, R., & Fandy. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kacang Dua Kelinci pada Alfamart Cabang Pondok Ranji di Tangerang Selatan. Jurnal Perkusi (Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia) Vol.2 No.4 Universitas Pamulang.
Rabiah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Nesmilo Di Samarinda. Journal Administrasi Bisnis Vol. 8 No.1.
Sinaga, Y. A., Hayati, F. A., & Chasanah, U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rich Perfumery ITC Kuningan Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 3(1), 55-61.
Ummah, N. A., & Wijayanti, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Madani Bumdes Rambipuji. Jurnal Manajemen Vol.16 No.1 Universitas muhammadiyah jember.
Wahab, W. (2019). Membangun Kepuasan Konsumen Property melalui Harga bersaing dan Kualitas Pelayanan Pada Perumahan PT. Atlantik Perkasa Abadi Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol.15 No.2 STIE Mahaputra
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).