Pengaruh Brand Image, Price Discount dan Free Gift terhadap Minat Beli Smartphone Huawei di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.38822Keywords:
Brand Image, Price Discount, Free Gift, Minat BeliAbstract
Tujuan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Smartphone Huawei di Tangerang Selatan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Price Discount Terhadap Minat Beli Smartphone Huawei di Tangerang Selatan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Free Gift Terhadap Minat Beli Smartphone Huawei di Tangerang Selatan.
Metode. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kasualitas. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna Smartphone Huawei di Tangerang Selatan, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pegumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistic dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software PLS 3.0.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara Brand Image terhadap Minat Beli Smartphone Huawei di Tangerang Selatan. Price Discount berpengaruh signifikan terhadap minat beli Smartphone Huawei di Tangerang Selatan. Free Gift berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Smartphone Huawei di Tangerang Selatan.
Implikasi. Perusahaan Huawei dapat terus mengembangkan Ekuitas Merek smartphone Huawei untuk membantu meningkatkan penjualan. Pengembangan tersebut dapat dengan memperkenalkan smartphone Huawei di masyarakat dengan memperkuat Ekuitas Merek melalui promosi, iklan maupun tenaga penjual. Dengan Ekuitas Merek yang kuat, akan menimbulkan rasa percaya konsumen terhadap produk atau merek yang dipilihnya.
References
Adhi, D., & Sidharta, H. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Porkball. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume, 2(3), 399–408.
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amron, A. (2018). The Influence Of Brand Image, Design, Feature, And Price On Purchasing Decision Of Apple Ios Smartphone In Surakarta, Indonesia. The International Journal Of Social Sciences And Humanities Invention, 5(12), 5187–5191. Https://Doi.Org/10.18535/Ijsshi/V5i12.15
Amri, S., & Prihandono, D. (2019). Influence Lifestyle, Consumer Ethnocentrism, Product Quality On Purchase Decision Through Purchase Intention. Management Analysis Journal, 8(1), 26–38.
Andriany, D., & Arda, M. (2019). The Effect Of Bonus Pack And Price Discount On Buying Impulse. Iciss, 1(1), 75–82.
Andriyanto, N.E., Budiono, H., & Wiyanto, H. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Corporate Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Melalui Brand Equity Sebagai Mediasi Pada Mahasiswa/I S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Conference on Management and Behavioral Studies.
Anggraeni, Faridha. (2016). Pengaruh Promosi, Diskon, dan Impulse Buying terhadap Keputusan Pembelian Hupermart PTC Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran. 5(7). 1-15.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Bhatti, A. (2018). Sales Promotion and Price Discount Effect on Consumer Purchase Intention with the Moderating Role of Social Media in Pakistan. International Journal of Business Management, 3(4), 50–58.
Canalys. (2019). Smartphone Analysis. Diambil kembali dari Canalys: https://www.canalys.com/analysis/smartphone+analysis
Choi, B. H. S., & Chen, C. (2019). The Effects Of Discount Pricing And Bundling On The Sales Of Game As A Service : An Empirical Investigation. Journal Of Electronic Commerce Research, 20(2019), 21–34.
Erida, E., & Rangkuti, A. S. (2017). the Effect of Brand Image, Product Knowledge and Product Quality on Purchase Intention of Notebook With Discount Price As Moderating Variable. Journal of Business Studies and Mangement Review, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.22437/jb.v1i1.3919.
Franedya, Roy. (2019). “Oppo Salip Apple, Samsung & Huawei Masih Jawara Pasar Ponsel?”. Dalam CNBC Indonesia, 12 Agustus 2019. Jakarta.
Hair, Joseph E, Jr et al. (2015). A Primer on Partial Least Squares Structural. Equation Modeeling {PLS-SEM). SAGE Publications,Inc. California. USA.
Hendro, A., & Fachrodji, A. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatan. Jurnal Mix Universitas Airlangga Surabaya Vol. 5 No. 1, 124 – 143.
https://consumer.huawei.com/id/phones/, di akses tanggal 27 November 2020.
IDC. (2019). Smartphone Shipments in China Fell 6% in Q2 2019, IDC Reports[online]. https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP45428519 (07 November 2020).
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th. Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler Philip dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.
Kristiawan, A., Gunawan, I., & Vinsensius. (2018). Pengaruh Potongan Harga, Bonus Kemasan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6, 30–44.
Latan Hengky dan Imam Ghozali. (2017). Partial Least Squares : Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS.5.0. Edisi Ketiga. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Malau, Harman. (2017). Manajememn Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta.
Mandagi, V.A.L., Kalang, J.AF., & Mukuan, D.D.S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. 6(4).
Manorek, S. L. (2016). The Influence Of Brand Image, Advertising, Perceived Price Toward Consumer Purchase Intention (Case Study : Samsung Smartphone ). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 661–670.
Menik Wijianty. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bsinis Politeknik Negeri Jakarta, Jurnal Epigram, Vol 13, No. 1.
Miauw, Kevin Yonathan Harry. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. Vol.1, No.5. Jakarta: Universitas Ciputra
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bambang Permadi, Ahmad Ghoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).