Pengaruh Online Customer Review, Rating, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk The Originote di Shopee Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed

Authors

  • Kesya Meyrli Namora Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Zulkairnain Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.41710

Keywords:

Online Customer Review, Rating, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, rating, dan kepercayaan konsumen terhadap minat pembelian produk The Originote di Shopee pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed.

Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 150 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner.   Analisis   ini   menggunakan    Partial    Least    Square    (PLS)    dengan software SmartPLS 4.0

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan dan rating pelanggan online tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat beli, kepercayaan konsumen berpengaruh langsung terhadap minat beli, ulasan dan rating pelanggan online berpengaruh terhadap minat beli yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen.

Implikasi. Penelitian ini dapat membantu pengelola produk The Originote di Shopee meningkatkan ulasan, rating, dan kepercayaan konsumen untuk mempengaruhi minat beli, serta memberi ide bagi Shopee untuk memperbaiki sistem ulasan dan rating. Penelitian ini juga mendorong pelaku bisnis meningkatkan kualitas layanan dan produk. Dalam Pendidikan.

References

Chrissanty, H., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Promosi Terhadap Minat Beli Shopeefood (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). Journal Scientifi of Mandalika (JSM), 3(9), 103-114.

Dinanti , N. A., & Irmawati. (2024). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian Produk di Shopee dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1-12.

Fakri, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614-A619.

Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-commerce Dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1), 1-7.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller Terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online Di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234-A239.

Hasrul, A. F., Suharyati, & Sembiring, R. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Produk Elektronik di Tokopedia. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2, 1352-1365.

Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018, September). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. eProceedings of Management, 5(2), 1829.

Jayani, D. H. (2019, Oktober). Pengguna dan Tingkat Penetrasi E-Commerce di Indonesia 2017-2023. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Kemkominfo. (2019). Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media

Komariyah, D. I. (2022, Februari). Pengaruh Online Customer Riview dan Rating Terhadap Minat Pembelian Online Shopee (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 343-358.

Kurniawan, B. (2021). Pengaruh Online Customer Reviews dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada. Jibaku Jurnal Ilmu Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 121-129.

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). urnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975-984.

Nabila, & Abadi, F. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Produk Kosmetik Barenbliss. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 270-275.

Nurhayati, D. (2023, Agustus). Skincare Viral The Originote Terjual Sampai Ratusan Ribu Produk di Tahun 2022, Intip Kekayaan Pemiliknya. Retrieved from https://www.infoindonesia.id/info-ekonomi/9619984694/skincare-viral-the-originote-terjual-sampai-ratusan-ribu-produk-di-tahun-2022-intip-kekayaan-pemiliknya?

Pratama, A. (2023, Mei). The Originote Konsisten Hadirkan Produk Skincare Berkualitas dengan Harga Terjangkau. Retrieved from https://infobrand.id/the-originote-konsisten-hadirkan-produk-skincare-berkualitas-dengan-harga-terjangkau.phtml

Ramadhani, T., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Rating dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplace Shopee Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 155-174.

Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli Produk Wardah di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 909-926.

Rohmatulloh, C., & Sari, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. 8(3).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta ISBN: 979-8433-64-0.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tantrabundit, P., & Jamrozy, U. (2018). Influence Of Online Review And Rating System Towards Consumer Preferences In Hospitality Sector. Journal of Business Diversity, 18(4), 84-100.

Utomo , S. S., & Hidayah, N. (2023, Agustus). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pengguna Layanan Shopee Food Di Kota Magelang). Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 802-806.

Wibowo, N. A., & Safitri, K. (2022, Desember). Trust Memediasi Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Melalui Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(4), 201-207.

Winarso, d. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Internet Indihome Pada PT. X dengan Pendekatan Part Least Square. Jurnal MATRIX, 80

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Sitorus, K. M. N., & Siregar, Z. (2025). Pengaruh Online Customer Review, Rating, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk The Originote di Shopee Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed. Jurnal Arastirma, 5(1), 84–95. https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.41710

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.