Pengaruh Online Customer Review, Rating, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk The Originote di Shopee Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.41710Keywords:
Online Customer Review, Rating, Kepercayaan Konsumen, Minat BeliAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, rating, dan kepercayaan konsumen terhadap minat pembelian produk The Originote di Shopee pada Mahasiswa Prodi Manajemen Unimed.
Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 150 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 4.0
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan dan rating pelanggan online tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat beli, kepercayaan konsumen berpengaruh langsung terhadap minat beli, ulasan dan rating pelanggan online berpengaruh terhadap minat beli yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen.
Implikasi. Penelitian ini dapat membantu pengelola produk The Originote di Shopee meningkatkan ulasan, rating, dan kepercayaan konsumen untuk mempengaruhi minat beli, serta memberi ide bagi Shopee untuk memperbaiki sistem ulasan dan rating. Penelitian ini juga mendorong pelaku bisnis meningkatkan kualitas layanan dan produk. Dalam Pendidikan.
References
Chrissanty, H., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Promosi Terhadap Minat Beli Shopeefood (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). Journal Scientifi of Mandalika (JSM), 3(9), 103-114.
Dinanti , N. A., & Irmawati. (2024). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian Produk di Shopee dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1-12.
Fakri, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614-A619.
Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-commerce Dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1), 1-7.
Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller Terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online Di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234-A239.
Hasrul, A. F., Suharyati, & Sembiring, R. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Produk Elektronik di Tokopedia. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2, 1352-1365.
Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018, September). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. eProceedings of Management, 5(2), 1829.
Jayani, D. H. (2019, Oktober). Pengguna dan Tingkat Penetrasi E-Commerce di Indonesia 2017-2023. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023
Kemkominfo. (2019). Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media
Komariyah, D. I. (2022, Februari). Pengaruh Online Customer Riview dan Rating Terhadap Minat Pembelian Online Shopee (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 343-358.
Kurniawan, B. (2021). Pengaruh Online Customer Reviews dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada. Jibaku Jurnal Ilmu Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 121-129.
Mokodompit, H. Y., Lapian, S. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). urnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975-984.
Nabila, & Abadi, F. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Produk Kosmetik Barenbliss. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 270-275.
Nurhayati, D. (2023, Agustus). Skincare Viral The Originote Terjual Sampai Ratusan Ribu Produk di Tahun 2022, Intip Kekayaan Pemiliknya. Retrieved from https://www.infoindonesia.id/info-ekonomi/9619984694/skincare-viral-the-originote-terjual-sampai-ratusan-ribu-produk-di-tahun-2022-intip-kekayaan-pemiliknya?
Pratama, A. (2023, Mei). The Originote Konsisten Hadirkan Produk Skincare Berkualitas dengan Harga Terjangkau. Retrieved from https://infobrand.id/the-originote-konsisten-hadirkan-produk-skincare-berkualitas-dengan-harga-terjangkau.phtml
Ramadhani, T., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Rating dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplace Shopee Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 155-174.
Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli Produk Wardah di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 909-926.
Rohmatulloh, C., & Sari, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. 8(3).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta ISBN: 979-8433-64-0.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tantrabundit, P., & Jamrozy, U. (2018). Influence Of Online Review And Rating System Towards Consumer Preferences In Hospitality Sector. Journal of Business Diversity, 18(4), 84-100.
Utomo , S. S., & Hidayah, N. (2023, Agustus). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pengguna Layanan Shopee Food Di Kota Magelang). Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 802-806.
Wibowo, N. A., & Safitri, K. (2022, Desember). Trust Memediasi Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Melalui Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(4), 201-207.
Winarso, d. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Internet Indihome Pada PT. X dengan Pendekatan Part Least Square. Jurnal MATRIX, 80
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kesya Meyrli Namora Sitorus, Zulkairnain Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).