Pengaruh Learning Organization Dan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i2.y2020.p115-124Kata Kunci:
Learning organization, Manajemen Berbasis Sekolah, KinerjaAbstrak
Penelitian ini bertujuan menemukan upaya untuk meningkatkan kinerja guru pada SMPN Kota Tangerang Selatan dengan cara meneliti hubungan antara Learning organization dan Manajemen Berbasis Sekolah dengan cara mengidentifikasi, menelaah, dan mengembangkan kekuatan-kekuatan hubungan antar variabel-variabel tersebut, sebagai berikut: hubungan antara Learning organization dikaitkan kinerja guru, adanya hubungan antara manajemen berbasis sekolah dikaitkan dengan kinerja guru, hubungan antara Learning organization dan manajemen berbasis sekolah secara beriringan dengan kinerja guru. Metode kuantitatif adalah Metode penelitian yang digunakan. Hasil yang didapatkan berdasarkan uji regresi ganda sebesar 14,65 yang berarti, variabel Learning organization dan Manajemen Berbasis Sekolah berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru di SMPN Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2020/2021. Menurut hasil uji F didapatkan nilai F Hitung sebesar 2615,3. Apabila dilakukan perbandingan dengan nilai F Tabel sebesar 0,1648 pada taraf signifikansi 5%, maka F hitung > F tabel (2615,3>0,16), sehingga nilai tersebut signifikan. Beralaskan perhitungan dengan menggunakan SPSS, besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,874. Hal ini menunjukkan bahwa 87,4% keragaman variabel Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Learning organization, sisanya sebanyak 12,6% disebabkan faktor lain yang tidak diteliti.
Referensi
Arikunto, S. 2005. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. 2005. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wijiyono, W. 2019. Hubungan Pengambilan Keputusan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 145-154.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.