Strategi Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional UMKM di Pasar Kaliwiro Kabupaten Wonosobo
Keywords:
Perencanaan, Sumber Daya Manusia, DigitalisasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran digital pada usaha jajanan tradisional di Dusun Gambirsari Kecamatan Kaliwiro Kabupatem Wonosobo, Pemasaran Digital berhasil memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam memberikan informasi dan berinteraksi dengan konsumen; memperluas pasar, meningkatkan kesadaran dan meningkatkan penjualan. Metode penelitian menggunakan deskriptif pendekatan, dengan tahapan mencari informasi, reduksi/fokus dan seleksi. Pada saat ini tahap peneliti menguraikan fokus yang telah ditetapkan secara lebih rinci. Penelitian ini lokasinya berada di Pasar kaliwiro Dusun Gambirsari Kecamatan Kaliwiro Kabupatem Wonosobo. Informan dalam pengmatan ini adalah nur hotimah, Ibu fuji dan Ibu anggis, bapak camat sebagai pengambil kebijakan serta puri dan Ibu putri sebagai konsumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Model Miles dan Hubermans meliputi: reduksi data, penyajian data, penggambaran. Kesimpulan, dan memverifikasi keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi dan sumber. Hasil penelitian ini menganalisis strategi pemasaran digital untuk mendapatkan loyalitas konsumen potensial dan minat beli konsumen nonpotensial dengan membangun promosi merek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan keuntungan. Hambatan untuk Pelaku usaha adalah masih rendahnya pemahaman terhadap teknologi informasi, belum maksimalnya e-commerce dan pasar, pembuatan konten yang menarik dan mempengaruhi pembeli.References
Widiastuti, T. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Riptek, 15(1), 64-69.
Erwan Darmawan & Raga aqino. (2022). Pengaruh Penggunaan Digital marketing Terhadap Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Produk UMKM Makanan Khas Banten Di Kota Serang. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 23(02), 1-10
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13.
Saefudin, N., & Maulana, D. (2023). Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM (Studi Kasus: Wajit Legieta di Cililin). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1660-1674.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Destyarini Destyarini, Anisa Salsabilah, Dwi Nur, Wulandari Cahyani Putri, Wahyu Andri Wibowo, Umar Hanis, Tri Sulistyani, Tri Budi Subiakto, Tjeri Hadjrillah, Taufik Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.