Pemanfaatan Media Sosial, Kualitas Produk, dan Pengalaman Pelanggan dalam Meningkatkan Pemasaran Bisnis Retail di Sekitar Tanah Abang
Keywords:
Perencanaan, Sumber Daya Manusia, DigitalisasiAbstract
Dalam era digital saat ini, peran media sosial, kualitas produk, dan pengalaman pelanggan menjadi unsur kritis dalam strategi pemasaran bisnis retail. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana ketiga unsur tersebut dapat meningkatkan pemasaran bisnis retail khususnya di sekitar Tanah Abang. Dengan menggunakan studi pustaka yang ada, ditemukan bahwa media sosial memberikan peluang besar bagi bisnis retail untuk mengakses segmen pasar yang lebih luas, membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, serta memfasilitasi promosi yang lebih efisien. Selain itu, kualitas produk tetap menjadi penentu utama keputusan pembelian konsumen. Produk berkualitas tinggi tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memicu word-of-mouth positif yang dapat meningkatkan visibilitas bisnis. Terakhir, pengalaman pelanggan yang positif meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat reputasi bisnis. Keseluruhan interaksi pelanggan dengan merek, mulai dari pemasaran, pembelian, hingga purna jual, mempengaruhi persepsi mereka tentang bisnis tersebut. Kesimpulannya, integrasi efektif antara pemanfaatan media sosial, peningkatan kualitas produk, dan pemberian pengalaman pelanggan yang memuaskan dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis retail di Tanah Abang.References
Anderson, C. (2006). The long tail: Why the future of business is selling less of more. Hyperion.
Bharadwaj, A., El Sawy, O. A., Pavlou, P. A., & Venkatraman, N. V. (2013). Digital business strategy: toward a next generation of insights. MIS Quarterly, 37(2).
Bruhn, M., Schoenmueller, V., & Schäfer, D. B. (2012). Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation? Management Research Review.
Choudary, S. P. (2015). Platform scale: How an emerging business model helps startups build large empires with minimum investment. Platform Thinking Labs.
Dawar, N., & Parker, P. (1994). Marketing universals: Consumers’ use of brand name, price, physical appearance, and retailer reputation as signals of product quality. Journal of Marketing, 58(2).
Hoffman, D. L., & Fodor, M. (2010). Can you measure the ROI of your social media marketing? MIT Sloan Management Review, 52(1).
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic wordâ€ofâ€mouth via consumerâ€opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of interactive marketing, 18(1).
Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding customer experience throughout the customer journey. Journal of Marketing, 80(6).
Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business horizons, 52(4).
Parise, S., Guinan, P. J., & Kafka, R. (2016). Solving the crisis of immediacy: How digital technology can transform the customer experience. Business Horizons, 59(4).
Adi, W. P. (2018). Media sosial dan pemasaran digital: Implikasi bagi usaha kecil dan menengah di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 25(1).
Baskoro, G. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 12(2).
Darmawan, A. (2016). Strategi pemasaran melalui media sosial bagi UKM di Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(1).
Irawan, R. (2019). Analisis pengalaman pelanggan dalam pembelian ritel: Studi kasus pasar Tanah Abang. Jurnal Bisnis Terapan, 13(2).
Jaya, H. P., & Sari, D. K. (2018). Penerapan teknologi informasi dalam pemasaran produk tradisional. Jurnal Teknologi dan Informasi, 14(1).
Kusuma, B. (2017). Kualitas produk dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(3).
Mulyana, A., & Rahardjo, K. (2019). Media sosial sebagai alat promosi bagi bisnis ritel. Jurnal Pemasaran dan Manajemen, 17(2).
Pertiwi, D. R. (2016). Transformasi pemasaran ritel di era digital: Kasus Tanah Abang. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 10(3).
Siregar, B. (2018). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk lokal. Jurnal Strategi dan Bisnis, 12(2).
Wijaya, T. (2020). Penerapan teknologi dan media sosial dalam peningkatan pemasaran di Indonesia. Jurnal Informatika dan Bisnis, 15(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Widya Puspita, Zulfa Nurmala Ikatus Sa'adah, Vivi Wulan Sari, Valgi Virnan Vallian, Siarwi Siarwi, Siti Alfiah, Siti Hanah, Sri Indarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.