Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Maxim di Jakarta)

Authors

  • Adelia Febriani Universitas Pamulang
  • Yoga Firmansyah Universitas Pamulang

Keywords:

Perencanaan, Sumber Daya Manusia, Digitalisasi

Abstract

Di Kota Jakarta, penggunaan angkutan umum dirasa belum mencukupi, demikian pula pelayanannya. Angkutan ojek online di kota Jakarta menjadi salah satu pilihan, meski terkesan sedikit lebih mahal mampu menawarkan pelayanan yang lebih baik karena tidak terikat dengan rute dan waktu pelayanan. Maxim adalah perusahaan layanan transportasi online Rusia yang sedang berkembang dan berkembang di Indonesia sejak 2018 harga penawaran biasanya lebih murah dari GoJek atau Grab. Sejak 2018 hingga awal 2020, jumlah pengguna Maxim meningkat meningkat 31 kali setahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna Maxim. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang menggunakan metode non -probability sampling dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penggunaan teknik pengumpulan data Kuisioner berupa Google form bagi pengguna layanan pengiriman online Maxim di kota Jakarta. 100 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik analisis data Analisis regresi digunakan dengan software SPSS versi 25.score. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan, Selain kepuasan pelanggan, harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kualitas layanan dan harga secara bersama-sama (pada saat yang sama) memiliki dampak yang signifikan.Kepuasan pelanggan terhadap layanan transportasi online Maxim di kota Jakarta.

References

Gronroos, C. (1984). A service quality model and its marketing implications. European journal of marketing, 18(4), 36-44.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing. Pearson Education.

Monroe, K. B. (1990). Pricing: Making profitable decisions. McGraw-Hill.

Nagle, T. T., & Holden, R. K. (2002). The strategy and tactics of pricing: A guide to growing more profitably. Routledge.

Oliver, R. L. (1980). A cognitive model of the antecedents and consequences of satisfaction decisions. Journal of marketing research, 17(4), 460-469.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. Journal of retailing, 64(1), 12-40.

Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of marketing, 60(2), 31-46.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. Simon and Schuster.

Downloads

Published

2023-11-04

How to Cite

Febriani, A., & Firmansyah, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Maxim di Jakarta). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 176–180. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35171