Peran Penting Manajemen Sdm di Dalam Organisasi di era Covid-19

Authors

  • Aldrie Athala Nadif Universitas Pamulang
  • Fawaz Rifa Taufiqul Hakim Universitas Pamulang
  • Puteri Andini Mendyana Septianty Universitas Pamulang

Keywords:

Perencanaan, Sumber Daya Manusia, Digitalisasi

Abstract

Manajemen sumber daya manusia adalah upaya perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki, dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Dapat dikatakan bahwa pentingnya Manajemen SDM dalam organisasi di era COVID-19 mempunyai tiga fungsi yaitu fungsi operasional, fungsi manajerial, dan fungsi pencapaian tujuan organisasi secara terpadu. Departemen SDM bertindak sebagai perantara antara organisasi, karyawan, dan pemberi kerja. Agar kedua belah pihak berhasil, mereka harus menjalankan tugasnya dengan kemampuan terbaiknya. Strategi SDM yang diperkenalkan pada masa pandemi dan orde baru ini menggunakan tiga metode, yaitukerja jarak jauh, manajemen produktivitas staf, dan peningkatan keterampilan digital. Pandemi COVID-19 telah menghadirkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi organisasi di seluruh dunia. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) memainkan peran penting dalam membantu organisasi beradaptasi dengan perubahan drastis yang dihadapi selama era pandemi ini. Pemutusan hubungan kerja merupakan upaya terakhir dan tidak dapat dihindari karena dampak pandemi COVID-19. Hasil yang efektif dan efisien dicapai melalui perencanaan yang mengikuti perencanaan SDM yang baik dalam mencapai tujuan organisasi.

References

Breiby, M.A. & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12 (1), 1-14.

Schmitt, Berndh H. (2010). Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York: The Free Press.

Zietsman, M. L., Mostert, P & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships: A micro-enterprise perspective. International Journal of Bank Marketing, 37 (1), 2-19.

Downloads

Published

2023-11-04

How to Cite

Nadif, A. A., Taufiqul Hakim, F. R., & Septianty, P. A. M. (2023). Peran Penting Manajemen Sdm di Dalam Organisasi di era Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 199–201. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35174