Analisis Dampak Aplikasi Tiktok terhadap Perkembangan Mental dan Emosional Anak
Keywords:
Tiktok, Perkembangan Mental, Perkembangan Emosional, Anak-Anak, Kesehatan Mental, Media Sosial, Kecanduan, Konten NegatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh TikTok terhadap perkembangan mental dan emosional anak-anak. Dengan meningkatnya popularitas TikTok di kalangan anak-anak dan remaja, penting untuk memahami bagaimana platform media sosial ini dapat memengaruhi kesehatan mental mereka. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orang tua dan anak-anak, serta survei yang menilai penggunaan TikTok, dampak konten, dan pergeseran emosi yang dialami pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun TikTok dapat memberikan hiburan dan kesempatan untuk ekspresi diri, terdapat risiko signifikan terkait kecanduan, paparan konten negatif, serta dampak pada harga diri dan kecemasan anak. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengawasan orang tua dan pendidikan media bagi anak-anak untuk memitigasi dampak negatif yang mungkin timbul akibat penggunaan TikTok.
References
Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap perkembangan prestasi belajar anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675-1682.
Rahmadani, A. (2023). Perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui aplikasi tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2941-2948.
Ramadhan, M. F., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2023). Fenomena Aplikasi Tiktok terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(2), 291-303.
Magdalena, I., Tillova, M. H., & Yuningsih, R. (2023). Pengaruh Tiktok Terhadap Perkembangan Mental dan Intelektual Remaja. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4106-4113.
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal komunikasi, 14(2), 135-148.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.