Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Pamulang
Keywords:
Media Sosial, Prestasi Belajar, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Pamulang. Media sosial semakin banyak digunakan sebagai sarana komunikasi, hiburan, dan media pembelajaran alternatif. Namun, intensitas dan cara penggunaannya dapat memberikan dampak berbeda terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei, melibatkan 116 mahasiswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur frekuensi dan durasi penggunaan media sosial, serta perilaku belajar terkait. Indikator prestasi belajar yang diukur, Partisipasi Dalam Kegiatan Akademik, Nilai Dan Kemampuan Belajar Komunikasi, Dan Pemecahan Masalah. Hasil penelitian menunjukkan hubungan signifikan antara penggunaan media sosial dan prestasi belajar mahasiswa. Pengaruhnya positif maupun negatif tergantung pada pola dan tujuan penggunaan. Mahasiswa yang memanfaatkan media sosial untuk mencari informasi akademik dan memperluas jaringan belajar menunjukkan peningkatan nilai akademik dan keterampilan mengerjakan tugas. Sebaliknya, penggunaan media sosial untuk hiburan dan komunikasi pribadi berkorelasi dengan rendahnya motivasi belajar dan keterlibatan akademik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial berpotensi meningkatkan prestasi belajar jika digunakan secara bijak. Namun, penggunaan yang tidak terkontrol dapat menjadi faktor penghambat. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan literasi digital pada mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran akan dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar. Dukungan dari universitas juga penting untuk membina pemanfaatan media sosial secara positif dalam lingkungan akademik.
References
Yuliana, S., & Setiawan, R. (2021), Pengaruh Penggunaan Media Social Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Pamulang.
Jurnal Pendidikan. (2022). Laporan Penggunaan Internet Dan Media Sosial Di Indonesia
Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.
Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Maya Muncar Cabang Sunter Podomoro Kota Jakarta Utara. Journal Of Research And Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.
Ramadhanti, D. I., & Gandung, M. (2024). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Elang Labuan Murni Jakarta Barat. Journal Of Research And Publication Innovation, 2(4), 2886-2896.
Gandung, M., Ilham, N., & Widiyanti, S. D. (2024). Peningkatan Kinerja Pegawai Kantor Desa Cicalengka Melalui Pelatihan Dan Penerapan Manajemen. Amanah Mengabdi, 1(1), 81-86.
Gandung, M. (2024). The Influence Of Discipline And Work Motivation On Employee Performance. International Journal Multidisciplinary Science, 3(1), 51-58.
Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Taman Belajar Kreatif Duren Mekar Parung Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 3(1), 98-104.
Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.