Inovasi Melalui Konflik: Menciptakan Lingkungan Kerja yang Harmonis di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Najwa Windiyanti Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

manajemen konflik, lingkungan kerja, lembaga pendidikan, kolaborasi, budaya organisasi

Abstract

Konflik dalam lingkungan lembaga pendidikan seringkali dianggap sebagai hambatan terhadap produktivitas dan keharmonisan kerja. Namun, dengan pendekatan yang tepat, konflik dapat menjadi pemicu inovasi dan peningkatan kualitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana konflik di sekolah dapat mendorong inovasi dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah menengah dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung, dan dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang muncul akibat perbedaan pandangan dalam pengajaran, pembagian tanggung jawab, dan kebijakan manajerial dapat mendorong diskusi terbuka dan kolaborasi yang menghasilkan inovasi, seperti pengembangan kurikulum yang lebih adaptif. Namun, konflik yang tidak dikelola dengan baik dapat merusak hubungan antarstaf dan menurunkan semangat kerja. Oleh karena itu, manajemen konflik yang komunikatif dan transparan sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan berkelanjutan. Lembaga pendidikan perlu menanamkan budaya penyelesaian masalah secara konstruktif guna mengubah perbedaan menjadi peluang untuk transformasi positif.

Author Biography

Najwa Windiyanti, Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

References

Arifin, Z. (2024). Manajemen konflik dalam pendidikan: Pendekatan kolaboratif di sekolah. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 3(1), 38-53. doi:https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1960

Hasibuan, E., Manurung, O., Situmorang, M., Widya, K. dan Azwardi, A. (2024). Strategi manajemen konflik untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 49305–49310. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/23561

Sauqiyah, N., Ramadani, N., Hamdani, R. dan Ardiansyah, R. (2024). Strategi manajemen konflik: Solusi efektif kepala sekolah dalam mengatasi perselisihan antar guru pada lembaga pendidikan. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 59-66. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/view/1003

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Windiyanti, N. (2025). Inovasi Melalui Konflik: Menciptakan Lingkungan Kerja yang Harmonis di Lembaga Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(2), 2735–2738. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/49581

Similar Articles

<< < 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.