Inovasi Melalui Konflik: Menciptakan Lingkungan Kerja yang Harmonis di Lembaga Pendidikan
Keywords:
manajemen konflik, lingkungan kerja, lembaga pendidikan, kolaborasi, budaya organisasiAbstract
Konflik dalam lingkungan lembaga pendidikan seringkali dianggap sebagai hambatan terhadap produktivitas dan keharmonisan kerja. Namun, dengan pendekatan yang tepat, konflik dapat menjadi pemicu inovasi dan peningkatan kualitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana konflik di sekolah dapat mendorong inovasi dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah menengah dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung, dan dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang muncul akibat perbedaan pandangan dalam pengajaran, pembagian tanggung jawab, dan kebijakan manajerial dapat mendorong diskusi terbuka dan kolaborasi yang menghasilkan inovasi, seperti pengembangan kurikulum yang lebih adaptif. Namun, konflik yang tidak dikelola dengan baik dapat merusak hubungan antarstaf dan menurunkan semangat kerja. Oleh karena itu, manajemen konflik yang komunikatif dan transparan sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan berkelanjutan. Lembaga pendidikan perlu menanamkan budaya penyelesaian masalah secara konstruktif guna mengubah perbedaan menjadi peluang untuk transformasi positif.
References
Arifin, Z. (2024). Manajemen konflik dalam pendidikan: Pendekatan kolaboratif di sekolah. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 3(1), 38-53. doi:https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1960
Hasibuan, E., Manurung, O., Situmorang, M., Widya, K. dan Azwardi, A. (2024). Strategi manajemen konflik untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 49305–49310. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/23561
Sauqiyah, N., Ramadani, N., Hamdani, R. dan Ardiansyah, R. (2024). Strategi manajemen konflik: Solusi efektif kepala sekolah dalam mengatasi perselisihan antar guru pada lembaga pendidikan. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 59-66. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/view/1003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.