PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN OBSERVASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA D-III SEKRETARI UNIVERSITAS PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v8i2.12962Abstract
ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Observasi melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mahasiswa Prodi D-3 Sekretari Universitas Pamulang†dipilih oleh Penulis karena berasal dari pemikiran bahwa masih banyak mahasiswa yang belum mampu menuliskan laporan observasi dengan baik. Banyak sekali kesalahan-kesalahan dalam menulis laporan observasi, baik dari segi tulisan maupun isi. Hal ini dikarenakan rendahnya pengetahuan mahasiswa dalam menulis laporan. Oleh karena itu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kemampuan menulis laporan observasi mahasiswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis laporan observasi melalui model pembelajaran kontekstual mahasiswa Prodi D-3 Sekretari Universitas Pamulang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI regular C kelas 644 D-III Sekretari Universitas Pamulang dengan jumlah total 36 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method. Analisis kuantitatif dilakukan secara terus menerus setiap siklus yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) dengan prosentase kenaikan, sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan, cwawancara, dan dokumentasi selama penelitian. Kata kunci : kemampuan menulis, laporan, observasi, pembelajaran kontekstual
ABSTRACT The research entitled "Improving the Ability to Write Observation Reports through Contextual Learning Models for Students of the Secretary Diploma at Pamulang University" was chosen by the author because it stems from the idea that there are many students who have not been able to write observation reports properly. There are so many mistakes in writing observation reports, both in terms of writing and content. This is due to the low knowledge of students in writing reports. Therefore, the effort made is to improve the ability to write student observation reports by using a contextual learning model. The purpose of this research was to determine the increase in the ability to write observation reports through the contextual learning model of students of Secretary diploma at Pamulang University. The subject in this research were students of semester VI regular C class 644 Secretary diploma of Pamulang University with a total of 36 students. The method used in this research is the mix method. Quantitative analysis is carried out continuously in each cycle consisting of four steps : planning, action, observing, and reflecting with a percentage increase, while qualitative analysis is carried out by analyzing data from the notes. fieldwork, interview notes, and documentation notes during the study. Keywords: writing ability, report, observation, contextual learning
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.