PENGARUH DISRUPTIVE MARKETING, STRATEGI GENERIK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA GENERASI Z

Authors

  • Sapto Hadi Imambachri
  • Desilia Purnama Dewi

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v9i2.21921

Abstract

ABSTRAK

Pemasaran sebuah produk masa kini mengalami perkembangan dengan makin banyaknya pemain di kategori  yang sama maupun jangkauan area pemasaran  makin luas. Agar usaha   terus dapat berkembang, maka diperlukan strategi yang dikenal sebagai Porter Generic Strategy untuk mencapai objective perusahaaan  yang meliputi  cost leadership, differentiation and focus yang lebih inovatif dengan memperhitungkan implementasi disruptive marketing dibandingkan dengan system pemasaran  conventional yang secara umum banyak dilakukan oleh banyak perusahaan dalam mengembangkan usahanya.  Sementara itu implementasi disruptive marketing melibatkan penggunaan taktik eksperimental yang menantang status quo,Alih-alih mengikuti kebijaksanaan pemasaran konvensional, pemasar   menguji taktik baru yang berani yang belum pernah dicoba sebelumnya, begitulah cara kerja inovasi strategi pemasaran yang biasa disebut dengan disruptive marketing,Berbagai factor eksternal seperti teknologi dengan banyaknya aplikasi yang menjadi model bisnis, perubahan perilaku konsumen, kekuatan konsumen dikarenakan banyaknya pilihan produk yang tersedia, serta peran sosial media turut mempunyai pengaruh.

Generasi Z terlahir dengan internet disekelilingnya sehingga social Media merupakan suatu kebutuhan. Dengan Menggunakan Analisis Jalur(Path Analysis), Penulis ingin mengetahui  sejauh mana  Generasi Z terpengaruh oleh adanya Disruptive Marketing, strategi Generik , Gaya Hidup terhadap Keputusan Membeli Generasi Z. Ada tiga variable bebas dalam penelitian ini yaitu Disruptive Marketing(X1), Strategi Generik(X2), Gaya Hidup(X3) dan Variabel terikatnya adalah Keputusan Membeli Pada Generasi Z (Y). Sample Penilitian diambil dari180  Mahasiswa  maupun dari masyarakat umum yang berumur 16 – 38 tahun diberikan  40 pertanyaan yang dibagikan melalui google form. kemudian data di periksa validitas dan realibilitasnya untuk kemudian dapat dipergunakan dalam perhitungan statistik, penelian ini menggunakan penelitian asosiatif. Hasil Penelitian Melalui analisis jalur menyimpulkan bahwa: Ada Pengaruh yang significant antara variabel Disruptive Marketing, Strategi Generik dan Gaya hidup terhadap keputusan Membeli generasi Z.

 

Keywords: Disruptive Marketing, Generic Strategy, Lifestyle and Buying Decision

 

 

PENGARUH DISRUPTIVE MARKETING, STRATEGI GENERIK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA GENERASI Z

 

ABSTRACT

The marketing of a product is currently experiencing developments with more and more players in the same category and the reach of the marketing area is getting wider. In order for the business to continue to grow, it is necessary to have a strategy initiated by Michael Porter and known as Porter Generic Strategy as written by Peter Rix in a book entitled Marketing a practical Approach 6E (2007: 498-500) to achieve company objectives which include cost leadership, differentiation and focus that is more innovative by taking into account the implementation of disruptive marketing compared to conventional marketing systems which are generally carried out by many companies in developing their business. Meanwhile, disruptive marketing implementation involves the use of experimental tactics that challenge the status quo.

Generation Z was born with the internet around them, so social media is a necessity. By using Path Analysis, the author wants to know to what extent Generation Z is affected by the presence of Disruptive Marketing, Generic strategies, Lifestyle on Generation Z's buying decisions. There are three independent variables, namely Disruptive Marketing (X1), Generic Strategy (X2), Lifestyle(X3) and the dependent variable is the decision to buy in Generation Z (Y). The research sample was taken from 180 students and the general public aged 16 – 38 years, given 40 questions which were distributed via google form. then the data is checked for validity and reliability to then be used in statistical calculations, using a causal design. Research Results Through path analysis concluded that: It turns out that the influence of Disruptive Marketing, Generic Strategies and Lifestyle on Generation Z's buying decisions, is significant

 

Keywords: Disruptive Marketing, Generic Strategy, Lifestyle and Buying Decision

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Imambachri, S. H., & Purnama Dewi, D. (2022). PENGARUH DISRUPTIVE MARKETING, STRATEGI GENERIK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA GENERASI Z. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 9(2), 102–118. https://doi.org/10.32493/skr.v9i2.21921

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.