Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan Lembaga Pendidikan SMK Al Amanah Al Bantani
Keywords:
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Mutu, Lembaga PendidikanAbstract
Setiap lembaga pendidikan pada dasarnya memerlukan sistem informasi agar dapat memaksimalkan pelaksananaan siklus informasi pada lembaga pendidikan tersebut. Selain untuk mengontrol kualitas serta mewujudkan relasi dengan pihak lain sehingga dapat mengoptimalkan mutu lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengulas lebih terkait Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di SMK Al Amanah Tanggerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menerapkan atau menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SIMDIK dalam peningkatan mutu pengeloalaan SMK Amanah yang meliputi: 1).Sistem Informasi kelembagaan, personalia, keuangan, dan akademik sudah berjalan secara optimal. 2). Sistem Informasi Manajemen yang sudah berjalan secara optimal dapat meningkatkan mutu pengelolaan SNK AL Amanah Tanggerang Selatan dan memberikan manfaat bagi pihak interenal dan eksternal.
References
Aina, A. Y., & Bipath, K. (2020). School financial management: Insights for decision making in public primary schools. South African Journal of Education, 40(4).
Amiruddin, Ahmad husein Ritonga, dan Samsu, Manajemen Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan Islam (Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2021), 43
Jauhari, I. (2021). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Islam. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2(2).
Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1).
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1).