Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI

Authors

  • Khodijah Universitas Pamulang

Keywords:

Pembelajaran, Konstruktivisme

Abstract

Hasil ini menunjukkan bahwasannya model pembelajaran konstruktifisme dapat menumbuh kembangkan kreatif peserta didik dan juga guru, karena dalam model pembelajaran ini, siswa dituntut untuk berimajinasi dari materi yang telah disampaikan oleh guru, hasil ini setuju sependapat dengan pemikiran Alok Kumar (2011) model pembelajaran konstruktivisme menunjukkan bahwa dapat dipertahankan oleh dunia pendidikan karena hal ini dapat membangun pengalaman siswa melalui pembelajaran aktif. Menurut pendapat Rida Blaik-Hourani (2011) konstruktivisme memperbaiki pengetahuan siswa, mengembangkan keterampilan melalui berpikir kritis dan memberikan stimulus untuk memahami dunia sekitar. Hasil penelitian dengann pendapat Khaled F. Alazzi dan Ayed Khawaldeh, (2008) yang menyatakan bahwa pembelajaran konstruktivisme tidak diterima oleh masyarakat konservatif karena mereka beranggapan pengetahuan berpusat pada seorang guru.

References

A Steenbrink, Karel, Pesantren Madrasah Sekolah : Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern, Jakarta: pustaka lP3ES, 1994

Arief, Rachman. Kualitas Pendidikan Harus Dimaksimalkan, Jakarta: Media Indonesia, 2001.

Arif, Armai. Reformasi Pendidikan , Jakarta: CRSD Press, 2005.

Brown, James W., Kenneth D. Norberg. Administering Educational. Media, mc.Graw Hill Book Company,New York, St. Louis-San Fransisco-Toronto-London-Sedney,1972.

Darajat, Zakiah, Kepribadian Guru, Jakarta: Pt Bulan Bintang, 2005

Darmiyati, Humanisasi Pendidikan, Jakarta: Pt Bumi Aksara 2008.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta, kencana, 2009.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Egan,Kieran. Pengajaran yang Imajinatif , Jakarta: PT Indeks, 2009.

Maksum, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Ciputta: logos wacana Ilmu, 1999.

Mastuhu,M. Sistem Pendidikan Nasional Visioner, Ciputat: Lentera Hati

Moelong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006

Mulyasana, Dedy , Pendidikan Bermutu dan berdaya saing, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2011, 15.

Mustafa, Hasa, “Perilaku Manusia dalam Perspektif Psikologi Sosial”, Jurnal Administrasi Bisnis (2011). Vol 7, No.2, 147.

Nata, Abuddin. Pendidikan Islma di Era Global. Jakarta: UIN Press, 2005.

Nizar, Samsul. Dasar-Dasar Pemikiran PendidikanIslam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Noer Aly, Hery, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Logos wacana ilmu, 1999), cet 2, 163.

Panen, Paulina dkk. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran, Jakarta: Proyek Pemgembangan Universitas Terbuka Dirjen Dikti Depdiknas, 2001.

Qomar, Mujamil, Epistemologi Pendidikan Islam; dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta:

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran , Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Rooijakers, Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PT Gramedia Jakarta, 2003.

Sallis, Edward. Total Quality Manajemen in Education, Terjemahan Ahmad Ali Riyadi dkk, Managemen Mutu Pendidikan, Yogyakarta: IRCISOD, 2006.

Sardiman, Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Slavin, Robert E. Educational Psycholog; Theory and Pratice, Massachusetts:Allyn & Bacon, 1994.

Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT Renika Cipta, 2006.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Sudjana, Nana, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya, 2009

Sugiyono, Metodologi Penelitian Administrasi . Bandung: Alfabeta, 2006

A Rumate, Frans. Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pendidikan, www.unhas.ac.id.

A. N. Hieronymus, Problem Of Teacher Personnel, 1945, http://www.jstor.org/stable/20331875 .diakses 9 November 2014.

Amirudin,Yahya. Pendekatan Pembelajaran Secara Konstruktivisme Dalam Kalangan Guru-Guru Teknikal Bagi Mata Pelajaran Teknikal ,http://eprints.utm.my/10475/2010.

Broadbent, Frank W. Simulating Problems of Beginning Teachers, http://www.jstor.org/stable/1000371 .Accessed: 01/11/2014 07:34.

Garrison, Jim, Deweyan Pragmatism and the Epistemology of Contemporary Social Constructivism,vol 32,hlmn 117.

Hua liu, Charlotte dkk: Construktivism and its criricisms examined”, International Education Journal, 6(3), 2005.

James, Aaron, Constructivism about Practical Reasons, hal 304,2007,vol 74 no 2.

Khadijah, Teori Desain Konstruktivisme,http://tarbiyahiainib.ac.id/dosen/artikel-dosen/182-teori-desain-konstruktivis.

Review of Educational Research, Vol. 54, No. 2 (Summer, 1984), pp. 143-178 145. http://www.jstor.org/stable/1170301.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Khodijah. (2022). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–55. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/41258

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.