Pemanfaatan Media Roda Putar dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa

Authors

  • Kusniadin

Keywords:

Pemanfaatann, media roda putari, pembelajaran bahasa Arab

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi pemanfaatan media roda putar dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa (2) Mendeskripsikan interaksi yang terbangun dari pemanfaatan media roda putar dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa (3) Mendeskripsikan dampak dari pemanfaatan media roda putar dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa. Jenis penelitiannya kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan linguistik, psikologis, dan pedagogis. Instrumen penelitian melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. data dikumpulkan kemudian diolah melalui 3 cara yaitu: kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengujian keabsahannya dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi pemanfaatan media roda putar dalam pembelajaran bahasa Arab adalah membuka link pada platform google, memilih warna, memasukkan instruksi, mengatur kecepatan roda, dan memutarnya. Selanjutnya Interaksi yang terbangun dari pemanfaatan media ini meliputi interaksi guru dan peserta didik (menggunakan media roda secara kondisional, menjelaskan tutorial, memberi instruksi buka kembali catatan, angkat tangan, dan memberi tepuk tangan), interaksi sesama peserta didik (fokus dan perhatian, berdialog, rebutan bermain), dan interaksi guru, peserta didik, dan sumber belajar (guru memberi penilaian, peserta didik penasaran, medianya sangat seru). Adapun dampak dari pemanfaatan media roda putar meliputi kefasihan makhraj, kekayaan kosa kata, akurasi pengucapan, ketepatan intonasi, dan kemampuan berbicara.

Implikasi dari penelitian semoga dapat menambah khazanah keilmuan tentang bahasa Arab dan media pembelajaran khsususnya media roda putar. Guru harus tetap efektif dan kreatifif agar menjadi pendidik yang lebih profesional. Pihak sekolah juga harus memperhatikan Faktor-faktor penghambat untuk guru dan peserta didik hendaknya hal demikian dijadikan bahan evaluasi lanjutan supaya tujuan pendidikan yang diinginkan bersama bisa tercapai dengan maksimal

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Kusniadin. (2023). Pemanfaatan Media Roda Putar dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 13–21. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/41428

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.