MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI ADMINISTRASI DAN DOKUMENTASI DI SEKOLAH POS PAUD Lily PONDOK PETIR
Abstract
Sosialisasi pemanfaatan Google Drive sebagai media pengarsipan dan penyimpanan merupakan aspek krusial dalam administrasi. Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen, gambar, video dan file lainnya di server Google dengan aman. Berdasarkan analisis permasalahan yang terjadi pada lokasi pengabdian masyarakat di atas yaitu keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dalam mengoptimalkan pemanfaatan Google Drive untuk administrasi dan dokumentasi. Tujuan dari pengabdian ini adalah melaksanakan sosialisasi untuk meningkatkan secara langsung kemampuan tenaga pengajar di POS PAUD Lily dalam memanfaatkan Google Drive agar lebih mudah dalam hal administrasi dan pendokumentasian surat, pengelolaan berkas serta pengarsipan dan pelaporan lainnya. Sasaran utama dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini adalah Guru dan Orang Tua murid POS PAUD Lily Pondok Petir, khususnya bagi Guru dan Orang Tua yang belum banyak mengetahui tentang teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan yaitu Google Drive sebagai media penyimpanan, administrasi dan dokumentasi di Sekolah. Hasil dari sosialisasi menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman dan pengetahuan peserta didik tentang Google Drive dan manfaatnya sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memberikan manfaat bagi individu, lembaga dan orang lain disekitarnya. Studi kasus dan testimoni peserta menunjukkan bahwa sosialisasi ini memberikan manfaat jangka panjang, membuka peluang baru dalam bidang ketenagakerjaan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat. Evaluasi umpan balik peserta menjadi dasar untuk meningkatkan efektivitas pelatihan di masa mendatang. Sosialisasi ini tidak hanya tentang pengembangan keterampilan teknis, tetapi juga tentang pemberdayaan peserta dengan perangkat yang dapat mereka terapkan secara kreatif dan efektif dalam berbagai konteks.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, Guru, Sosialisasi, Google Drive
References
Hanuk-Kacaribu, A. (2020). Pengantar Ilmu Administrasi. Andi.
Hazizah, Z., & Rigianti, H. (2021). Kesenjangan Digital Di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1-7. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i01.284.
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Audit Investigatif. Auditing: A Journal of Practice & Theory, 2(2), 141-147.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P, R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.4776/idarah.v5i1.1445.
Martati, B., Firmannadndya, A., Kartika, P, C., & Mukarromah, N. (2024). Implementasi Administrasi Digital. Yogyakarta: K-Media.
Nabila, P., Taqwa, Patawan, F., & Tahrim, T. (2024). Penerapan Manajeman Berbasis Digital Dalam Peningkatan Layanan Akadmeik Di SMA Negeri 2 Luwu. Hikamatzu Journal of Multidisiplin, 72-85.
Ningrum, O. S., & Puspasari, D. (n.d.). Penggunaan Aplikasi Google Drive sebagai Penunjang Paperless Office.
Nugroho, A. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Google Drive untuk Manajemen Dokumen dan File di Pemerintahan Desa Sidowangi Kabupaten Magelang. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat.
Sarwandi, & Syahputra, R. (2024). Pemanfaatan Google Drive sebagai Manajemen Berkas Elektronik Bagi Guru SD SW Alwashiliyah 13. BERBAKTI - Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 06-11.
Sokhibah, & Komalasari, D. (n.d). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Melalui Bermain Bola Pada Anak Kelompok A. PG -PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Wanti, A., AR, K., & Prajana, A. (2019). Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Pada SMK Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 106-114.