MODEL REGRESI LOGISTIK PENGARUH AKSESIBILITAS DAN KONDISI SOSIAL-EKONOMI TERHADAP KETIMPANGAN PENDIDIKAN DI WILAYAH DESA BAGAN SERDANG KEC.PANTAI LABU
Keywords:
Aksesibilitas, Ketimpangan Pendidikan, Regresi Logistik, Sosial-Ekonomi, Wilayah PesisirAbstract
Ketimpangan akses pendidikan di wilayah pedesaan masih menjadi isu penting yang berdampak terhadap keberlanjutan pendidikan anak dan pembangunan sosial jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aksesibilitas pendidikan dan kondisi sosial-ekonomi terhadap ketimpangan pendidikan di Desa Bagan Serdang, Kabupaten Deli Serdang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode regresi logistik ordinal, penelitian ini melibatkan 50 responden anak usia sekolah yang dipilih melalui teknik random sampling sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa tiga variabel, yaitu jenjang pendidikan, jarak ke sekolah, dan moda transportasi, berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendidikan. Sementara itu, variabel fasilitas pendidikan dan pendapatan orang tua tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara statistik. Model regresi logistik yang dibangun terbukti layak dan memiliki kekuatan prediksi tinggi, dengan akurasi klasifikasi mencapai 94%. Temuan ini didukung oleh observasi lapangan yang mengungkapkan bahwa selain hambatan struktural, motivasi belajar dan stabilitas keluarga turut memengaruhi keputusan anak untuk melanjutkan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan motivasi belajar, pendampingan keluarga, serta kebijakan yang mendukung akses pendidikan menengah atas di wilayah pesisir. Implikasi hasil ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi perumusan kebijakan berbasis bukti untuk menekan angka ketimpangan pendidikan di daerah tertinggal.
References
Trianung Djoko Susanto T, Malyka A, Fauzi H, Faradisa N, Rifatul N, Malfanda T, et al. Biaya Tersembunyi dan Ketimpangan Akses Pendidikan di Indonesia: Analisis Kebijakan dan Dampak Sosial-Ekonomi. J Pengabdi Masy dan Ris Pendidik [Internet]. 2025;3(4):3282–8. Available from: https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.
Della Sinta T, Iqbal M. Kesenjangan Sosial Dalam Mengakses Pendidikan Di Bengkulu. J Penelit Tarbawi. 2023;8(1):1–18.
Edo A, Yasin M. Dampak Kesenjangan Akses Pendidikan dan Faktor Ekonomi Keluarga terhadap Mobilitas Sosial. J Ilmu Pendidik Sos. 2024;2(3):317–26.
Juventia D, Yuan SA. Ketimpangan Sosial Dalam Bidang Pendidikan dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. MOTEKAR J Multidisiplin Teknol dan Arsit. 2024;2(1):418–27.
Murbanto Sinaga, Rika Surianto Zalukhu, Daniel Collyn, Rapat Piter Sony Hutauruk, Suci Etri Jayanti S, Ayu Zurlaini Damanik, et al. Analisis Pengaruh Kemiskinan Dan Ketimpangan Distribusi Pendapatan Terhadap Ketimpangan Gender Dalam Pendidikan Di Indonesia. J Ekon dan Pembang Indones. 2024;2(1):242–51. edited+DIMAS+SA’DUL+HOLQI-BMR.
Ulfa A. Analisis Komparatif Kekuatan Diplomasi Digital Indonesia-Australia. J Sci Res Dev. 2023;5(1):355–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Seila Amalia, Riski Melanton Banjarnahor, May Rani Tabitha Sinaga, Ardicha Appu Sianturi, Dinie Triana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).
