Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Queenstreet

Authors

  • Lukitasari Lukitasari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10435

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini menggunakan Online Shop Queenstreet yang merupakan salah satu sektor usaha dalam bidang fashion pakaian sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan pada Online Shop Queenstreet.Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT dan teknikpengumpulan data melalui wawancara mendalam (in dept interview), observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran 4P meliputi product, price, place, promotion dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,peluang, dan ancaman pada Online Shop Queenstreet. Informan pada penelitian ini diantaranya owner atau pemilik, karyawan, serta konsumen Queenstreet. Hasil penelitian ini didapatkan hasil IFAS yang menunjukkan kekuatan dengan skor sebesar 1,94 dan kelemahan dengan skor 0,75. Sedangkan hasil EFAS menunjukkan peluang dengan skor sebesar 1,95 dan ancaman dengan skor 0,88. Berdasarkan diagram analisis SWOT, Online Shop Queenstreet. Berada pada kuadran I dengan menggunakan strategi SO yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung pertumbuhan kebijakan yang agrisif ( growth oriented strategy) untuk meningkatkan penjualan

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran; Analisis SWOT

Author Biography

Lukitasari Lukitasari, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps Publishing

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Herdiana Abdurrahma, Manajemen Strategi Pemasaran, (Bandung:CV Pustaka Setia,2015), hal.198

Philip Kotler dan Amstrong, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Prenhalindo, 2012), hlm.120

Philip kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, PT Gelora Aksara Pratama, Erlangga, 2006, hal. 5

Rivai, A., & Prawironegoro, D. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media

Rosda. Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rulli Nasrullah, Media Sosial (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2016), hal. 11

Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015), h. 2

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2016), hlm. 310

Downloads

Published

2021-05-20

How to Cite

Lukitasari, L., & Nirawati, L. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Queenstreet. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 190–200. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10435

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.