Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Queenstreet
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10435Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini menggunakan Online Shop Queenstreet yang merupakan salah satu sektor usaha dalam bidang fashion pakaian sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan pada Online Shop Queenstreet.Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT dan teknikpengumpulan data melalui wawancara mendalam (in dept interview), observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran 4P meliputi product, price, place, promotion dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,peluang, dan ancaman pada Online Shop Queenstreet. Informan pada penelitian ini diantaranya owner atau pemilik, karyawan, serta konsumen Queenstreet. Hasil penelitian ini didapatkan hasil IFAS yang menunjukkan kekuatan dengan skor sebesar 1,94 dan kelemahan dengan skor 0,75. Sedangkan hasil EFAS menunjukkan peluang dengan skor sebesar 1,95 dan ancaman dengan skor 0,88. Berdasarkan diagram analisis SWOT, Online Shop Queenstreet. Berada pada kuadran I dengan menggunakan strategi SO yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung pertumbuhan kebijakan yang agrisif ( growth oriented strategy) untuk meningkatkan penjualan
Kata Kunci : Strategi Pemasaran; Analisis SWOT
References
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps Publishing
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nana Herdiana Abdurrahma, Manajemen Strategi Pemasaran, (Bandung:CV Pustaka Setia,2015), hal.198
Philip Kotler dan Amstrong, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Prenhalindo, 2012), hlm.120
Philip kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, PT Gelora Aksara Pratama, Erlangga, 2006, hal. 5
Rivai, A., & Prawironegoro, D. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media
Rosda. Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rulli Nasrullah, Media Sosial (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2016), hal. 11
Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015), h. 2
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2016), hlm. 310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.