Pengaruh Bentuk Komunikasi Verbal dan Non-Verbal terhadap Partnership FnB
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i2.19051Keywords:
Bisnis FnB, Komunikasi, PartnershipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting komunikasi verbal dan non verbal terhadap partnership FnB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah 10 orang pebisnis FnB. Hasil penelitian menunjukkan 50% narasumber memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas, 30% narasumber membantu pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya, 30% pebisnis memiliki bentuk kerja sama dalam bidang investasi, 40% narasumber dalam bidang joint ventura, 30% narasumber dan dalam bidang investasi, 20% tujuan para pebisnis melakukan partnership, 40% narasumber bertujuan untuk membangun usaha, 10% narasumber bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan, dan 40% narasumber bertujuan untuk meningkatkan hubungan serta bertujuan untuk meningkatkan seluruh bagian usaha. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa komunikasi penting dilakukan untuk melakukan kerja sama karena jika komunikasi antara pihak partnership terjalin dengan baik maka tujuan bisnis dalam mendapatkan keuntungan akan tercapai.
Keywords: Bisnis FnB, Komunikasi, Partnership
References
Nugraha, C. (2018, Agustus 12). Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli. Retrieved Februari 18, 2022, from Pinhome.id: https://www.pinhome.id/blog/pengertian-komunikasi-bisnis-menurut-para-ahli/
Pohan, A. (2015, Oktober). PERAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM HUBUNGAN MANUSIA.
Praditya, A. (2019, Februari). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KOMUNIKASI BISNIS. 32.
Qiscus. (2021, October 7). Pengertian, Keuntungan, dan Tips Menjalin Partnership dalam Berbisnis. Retrieved from Multichannel Conversational Platform: https://www.qiscus.com/id/blog/pengertian-keuntungan-dan-tips-menjalin-partnership-dalam-berbisnis/
Rabbani, A. (2021, September 24). Pengertian Partnership, Tujuan, Ciri, Cara Kerja, Jenis, Contoh, Kelebian, dan Kekurangannya. Retrieved Februari 18, 2022, from Sosial79.com: https://www.sosial79.com/2021/09/Pengertian%20Partnership.html?m=1
Rifka, I. (2022, Januari 09). Contoh, Tujuan, dan Pengertian Komunikasi Bisnis. Retrieved Februari 18, 2022, from Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2022/01/09/210336326/contoh-tujuan-dan-pengertian-komunikasi-bisnis
Sabat, O. (2021, Oktober 24). Komunikasi Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya . Retrieved Februari 17, 2022, from Detikedu: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5779663/komunikasi-bisnis-pengertian-manfaat-dan-contohnya
Zahra, A. R., Syahputra, R., & Suhairi. (2022). Analisis Komunikas iDalam Bisnis. 26.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.