Pengaruh Penjualan Pribadi, Kualitas Produk dan Kepercayaan Pembelian pada PT Usaha Kiat Permata
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.27771Keywords:
Kepercayaan Pembelian, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Penjualan PribadiAbstract
PT. Usaha Kiat Permata adalah suatu perusahaan yang berada di Kota Batam yang menjual beras yang dapat dikatakan sebagai bahan pokok yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tidak mudah untuk menjual beras di tengah banyaknya saingan dan naik turunnya harga bahan pokok dengan demikian, PT. Usaha Kiat Permata itu sendiri membutuhkan kerja keras untuk melakukan penjualan pribadi dengan menawarkan produk kepada konsumen serta kualitas produk yang diberikan sangat baik dan meningkatkan kepercayaan pembelian, namun demikian faktor-faktor yang digunakan oleh PT. Usaha Kiat Permata masih belum ideal yang berdampak terhadap keputusan pembelian. Dengan dapat diketahui tujuan yang dapat dilakukan antara penjualan pribadi, kualitas produk dan kepercayaan pembelian pada PT Usaha Kiat Permata. Metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif digunakan untuk melakukan penelitian ini. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini merupakan konsumen PT Usaha Kiat Permata dimana berdasarkan jumlah konsumen pada bulan Agustus tahun 2022 berjumlah 175. Oleh karena itu, jumlah populasi yang digunakan berjumlah 175 konsumen. Rumus Slovin digunakan untuk metode pengambilan sampel diketahu 124 responden. Dengan suatu teknik analisis data yang dapat digunakan dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Dalam hasil penelitian ditemukan yang dapat disimpulkan bahwa penjualan pribadi, kualita produk dan kepercayaan pembelian telah dapat memberi suatu pengaruh secara parsial serta secara simultan dengan pengaruh yang positif serta signifikan yang ditujukan kepada keputusan pembelian pada PT Usaha Kiat Permata.
References
Alisan, & Sari, W. (2018). Pengaruh Personal Selling Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fitting Pipa (Elbow) Pada Pt. Sekawan Abadi Teknik Medan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 128. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.808
Arini Fauziah, S. T. (2022). Pengaruh Harga , Kepercayaan , Penggunaan Aplikasi dan Promosi. 5(2), 1381–1395.
Desky, H., Murinda, R., & Razali, R. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online. Owner, 6(2), 1812–1829. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.772
Manopo, C., Tampi, J. R. E., & Tumbel, T. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Kota Manado. Productivity, 2(6), 6–9.
Manullang, F. A., & Heryenzus. (2022). Pengaruh Service Quality, Trust dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Online PT Great Seasons Travel. Eco-Buss, 5, 2013–2015. http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1147%0Ahttp://repository.upbatam.ac.id/1147/1/cover s.d bab III.pdf
Nurjaya, N., Dutawaskita, N. I., Erlangga, H., Hastono, H., & Sunarsi, D. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga di Jakarta. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 80–92. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.107
Permatasari, M. S., Mas, N., & Wulandari, W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Peran Harga sebagai Variabel Moderasi. Conference on Economic and Business Innovation, 35, 261–261.
Rahmadhana, R., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Konsumen Shopee Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah …, 10(2), 629–636. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/2239%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/download/2239/2251
Siregar, I. N. P., & Natalia, E. (2018). Pengaruh Merek Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dvd Player Elecor Pada Pt. Cakrawala Elecorindo Medan. Niagawan, 7(2), 80–89. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10754
Siswanto, & Heryenzus. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Soonlee Metalindo Perkasa. Jurnal Akrab Juara, 21(1), 1–17.
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Imwi Student Research Journal, 1(1), 41–52.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sulistiowati, I., & Heryenzus. (2018). Pengaruh Sikap Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Pada Online Shop Grostas Import Batam). 6(1).
Tarigan, J. (2021). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Usaha Si Bolang Durian. Jurnal Global Manajemen, 10(1), 90.
Wau, F. S., Chandrayant, T., & Afrizoni, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Espresso Cafe Di Kota Pariaman. Jurnal Matua, 4(8.5.2017), 2003–2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.