Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.28074Keywords:
Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, PromosiAbstract
Tujuan yang dapat diketahui dalam untuk melalukan penelitian ini sebagaimana untuk dapat mengetahui hubungan kualitas produk, promosi dan kepercayaan konsumen secara parsial atau simultan mempengaruhi keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Dapat menggunakan jenis penelitian yang berhubungan dengan pendekatan deskriptif untuk penelitian kuantitatif. Karena populasi yang digunakan oleh pembeli atau konsumen marketplace Shopee tidak diketahui secara pasti, dan rumus Jacob-Cohen digunakan sebagai metode ukuran sampel, diperoleh 204 responden dan digunakan untuk mengumpulkan data responden. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling serta dengan purposive sampling sebagai metode sampling yang dipergunakan. Pada pengujian melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi (R2), Uji t dan uji f dapat dipergunakan sebagaiman dalam proses analisis data selama berlangsungnya penelitian. Hasil penelitian dapat menunjukkan kualitas produk, promosi serta kepercayaan konsumen dengan dapat secara parsial maupun simultan atau dengan kata lain secara bersamaan dalam mempengaruhi keputusan pembelian marketplace Shopee.
References
Aminah, S. (2022). Pengaruh Penilaian Produk , Promosi dan Layanan COD ( Bayar di Tempat ) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Sidoarjo. 6(September), 498–505. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.592
Anim, A., & Putu, L. (2020). Keputusan Pembelian Kembali ( Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar ). 5(1), 99–108.
Aurelia, N., Thalib, S., & Hubbansyah, A. K. (2022). Pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian susu beruang bearbrand pada saat pandemi covid-19 (studi empiris pada pelanggan marketplace shopee di Desa Sindangagung Kuningan Jawa Barat). J. Ilmiah Manajemen Pancasila, 2(1), 53–69.
Belfa, A., & Taufik, A. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee ( Studi Pada Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Perjuangan ). JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 95–100.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684
Falendra, & Realize. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Importir Warisan Pratama. Jurnal Rekaman, 4(2), 316–328. http://ojs.jurnalrekaman.com/index.php/rekaman/article/view/64
Herlissha, N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Di Era Pandemi Covid 19. Equity Jurnal Ekonomi, 09(02), 1–13. https://doi.org/10.33019/equity.v9i2.64
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Mongi, L., Mananeke, L., Repi, A., Produk, K., Produk, K., Promosi, S., Harga, D. A. N., Terhadap, P., Pembelian, K., Simpati, K., Manado, D. I. K., Mananeke, L., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (n.d.). No Title. 1(4), 2336–2346.
Nur, J., & Realize. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfamart Marchelia Batam. Issn: 1979-5408, 13(1), 35–41.
Pane, D. H., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli di Situs E-Commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 149–155.
Putranto, I., & Kartoni, K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Perumahan Kunciran - Tangerang). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 94–104. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.107
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Salsyabila, S. R., Pradipta, A. R., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace shopee. Manajemen, 13(1), 37–46.
Sembiring, E. F., & Sunargo. (2022). Pengaruh harga , promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah KPR subsidi di PT Sinar Jaya Putra Kampar Batam. 17(1), 117–126.
Sugiyono. (2016). MERODE PENELITAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA CV.
Susanti, R., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Batam Bangun Prahtama. Jurnal Ekuivalensi, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.661
Tutuko, B. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. 1(5), 1134–1149.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.