Strategi Personal Branding Pada Akun Instagram @Mixueindonesia Dalam Meningkatkan Brand Awareness Jajanan Viral

Authors

  • Yayan Listanto Alexander Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i2.29101

Keywords:

personal branding, brand awareness, @Mixueindonesia, analisis konten

Abstract

Personal branding sangat diperlukan walaupun brand itu telah viral dan diketahui oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Karena tanpa melakukan personal branding sebuah perusahaan sekalipun telah besar perusahaan itu produknya atau ketika memunculkan produk baru pasar tidak akan mengenal produk itu dan akhirnya produk itu akan tenggelam. Jika sudah demikian akan mengurangi minat pembeli dan pembeli justru memilih untuk meninggalkan produk yang dimaksud. Penelitian yang penulis lakukan ini untuk mengetahui adanya strategi personal branding pada akun Instagram @Mixueindonesia guna meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan analisis isi konten atau content analysis pendekatan kualitatif. Analisis konten yang dilakukan penulis adalah mengambil konten dari instagram @Mixueindonesia untuk diketahui maknanya dan cara mereka mengenarkan produk jajanan mereka. Pendekatan kualitatif ini digunakan penulis dalam mengumpulkan data sekunder, dan data pendukung. Data primernya disini penulis menggunakan konten promosi dari instagram @Mixueindonesia dan data ini merupakan hasil dari analisis isi. Data sekunder penulis melakukan wawancara kepada mahasiswa ekonomi dan masyarakat random yang menjadi peminat @Mixueindonesia. Sementara data pendukung lainnya berupa data yang diambil penulis berupa artikel jurnal, buku, dan website tertentu yang masih relevan dengan tema kajian ini. Penelitian ini membuahkan hasil bahwa @mixueindonesia ini untuk menarik peminat adalah dengan sapaan “Mixue Loversâ€, menunjukkan logo Mixue yang menempel pada produk, jargon dan simbol “ðŸ¦SHARE SWEETNESSðŸ¦SPREAD HAPPINESSâ€, dan taggar yang digunakan “#mixueindonesiaâ€. Mixue menarik perhatian para pengguna media sosial telah berhasil melalui konten uniknya selain itu penggemar juga menilai bahwa Mixue ini selain kontennya yang ramai cabang kedainya juga ramai karena tempat yang nyaman dan harga produk jajanan yang terjangkau. Untuk perusahaan yang besar seperti Mixue ini tetap dibutuhkan untuk mempertahankan perusahaan itu dan meningkatkan brand awreness pada produk Mixue. Konten yang digunakan untuk melakukan branding di instagram @mixueindonesia dapat diketahui bahwa mereka itu gampang menarik perhatian peminat dengan keunikannya.

Author Biography

Yayan Listanto Alexander, Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan

Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan

References

Agus, N., Nugraha, S., Bagus, I., Putra, U., & Amerta, I. M. S. (2023). The Role of Brand Awareness in the Influence of Instagram Advertising and Viral Marketing on Culinary Purchase Decisions. International Journal of Scoial Science and Education Research Studies, 03(02), 280–286.

Aprilia, K. F. N. (2022). Strategi Promosi Program Penyaluran Zakat Lazismu di Twitter. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bernarto, I., Berlianto, M. P., Meilani, Y. F. C. P., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676

Faizati, N. (2022). Strategi penghimpunan dana zis (zakat, infaq dan sedekah) melalui digital qris di laznas daarut tauhiid peduli lampung. UIN Raden Intan LAmpung.

Fathoni, M. A., Faizi, & Sari, R. (2023). Determinasi Pembelian Makanan Halal Melalui Platform Digital: Kesadaran Halal Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 45–54. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7100

Hardie, L., McCool, J., & Freeman, B. (2023). E-Cigarette Retailers’ Use of Instagram in New Zealand: A Content Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(3), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph20031897

Jacobson, J. (2020). You are a brand: social media managers’ personal branding and “the future audience.†Journal of Product and Brand Management, 29(6), 715–727. https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2019-2299

Murhaini, S. (2023). Sosiologi Hukum Lingkungan Hidup. Lembaga Literasi Dayak.

Nasir, T. M. B., Priyono, A. A., & Sholehuddin, S. (2023). Pengaruh Iklan Sosial Media, Influencer Marketing, dan Electronic Word-of-Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Avoskin (Studi pada. JUrnal Riset Manajemen, 12(1), 756–764.

Netta, S. (2015). Awareness By Digital. In Turku University. Turku University.

Safira, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Pemasaran Syariah (Studi Produk UMKM di Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Sovianti, R., Nursyamsi, S., & Siregar, N. (2023). PUBLIC RELATIONS STRATEGY IN BUILDING PERSONAL BRANDING OF VISUAL ARTISTS. Jurnal Ekonomi, 12(01), 135–140.

Sutrisno, Asmara, M. A., Purwati, S., Susanto, & Rudy. (2023). Optimizing Brand Identity of MSME Products through Rebranding in Increasing Consumer Brand Awareness. Journal of Education, 05(03), 8519–8527.

Wulandari, A., & Fiandani, A. (2022). Pengaruh Iklan Obat Demam di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Obat Demam di RW 01 Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa. Sainstech Farma: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 16(1), 237–248.

Yulianti, S., Ismaya, S. B., Indrajaya, T., Sova, M., & Rosmiati, E. (2023). Empowerment Digital Marketing Strategy One Time Entrepreneur Micro Application Social Media in the Village Mekar Jaya , District Sukmajaya , Depok City. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 2(1), 393–416.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Listanto Alexander, Y. (2023). Strategi Personal Branding Pada Akun Instagram @Mixueindonesia Dalam Meningkatkan Brand Awareness Jajanan Viral. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(2), 200–210. https://doi.org/10.32493/drb.v6i2.29101

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.