Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Bima
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11846Keywords:
Customer Service, Service QualityAbstract
Meningkatkan mutu pelayanan. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Bima merupakan salah satu cara bank agar tetap dapat bersaing dipangsa pasar perbankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Customer service dalam meningkatkan mutu pelayanan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Bima. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif menggunakan sumber data primer dari instumen penelitian diberikan kepada 100 orang responden. Uji instrumen yang dipakai uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis statistik menggunakan T-test one sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Service berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Bima. Untuk menjaga mutu pelayanan customer service dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada nasabah dengan memperhatikan proses komunikasi, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman informasi dan tidak memperlambat pelayanan kepada nasabah
Kata Kunci: Customer Service; Mutu Pelayanan
References
Amirullah. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen. Malang : Bayumedia
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Bultman Saogo dan Mariani B Tanjung, 2012 Aktivitas Customer service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Nasabah Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat,Tbk Cabang Mentawai. Jurnal Elektronik. Akademi Keuangan dan Perbankan Padang
Dinda Maharani Sasqia Putri, 2019. Upaya Customer service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Surabaya-Tanjung Perak. Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
Frendy.2011: Metode Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta. Salemba Empat
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi.8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kasmir, 2011. Etika Customer Service, Jakarta : Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.
Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Mudrajat Kuncoro, 2011. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Jakarta: Erlangga
Muhammad, Arni, 2011. Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksada
Ruslan, Rosady, 2014., Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi), Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suliyanto, 2018. Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Susatyo Herlambang, 2010. Public Relations and Customer Service, Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta. Andi Offset.
Yolanda Darma Fernandes, Doni Marlius, 2017. Peranan Customer service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Baratcabang Utama Padan. Jurnal Akademi Keuangan dan Perbankan Padang.
Yuniarta H. Hutabalian, J. Samuel Kalangi, 2015, Peran Customer service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Politeknik. e-journal “Akta Diurna†Volume IV No. 3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.