Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-wallet, Risiko dan Promosi Penjualan Online terhadap Minat ShopeePay sebagai Metode Pembayaran

Authors

  • Anisyah Sepiana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nugraeni Nugraeni Fakultas Ekonimi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i6.45020

Keywords:

Kemudahan Penggunaan E-Wallet, Minat Dompet Digital Shopeepay, Promosi Penjualan Online

Abstract

Penelitian bertujuan guna mengidentifikasi dampak persepsi kemudahan pemakaian e-wallet, risiko, serta promosi penjualan online pada minat ShopeePay selaku metode pembayaran, baik secara terpisah atau bersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah survei, yang berfungsi sebagai sumber data primer melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta . Populasi pada penelitian ini terdiri dari mahasiswa prodi akuntansi Angkatan 2021 di Universitas Mercu Buana yang telah menggunakan e-wallet ShopeePay sebagai metode pembayaran. Sampel diambil dari mahasiswa aktif yang memenuhi kriteria yaitu mereka yang pernah dan masih menggunakan ShopeePay. Teknik pengolahan data dilaksanakan dengan software SPSS 2021. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa secara persial, persepsi kemudahan penggunaan memberikan pengaruh positif serta signifikan pada minat mahasiswa dalam memanfaatkan ShopeePay selaku metode pembayaran. Sebaliknya, pandangan risiko memiliki dampak negatif serta signifikan pada minat mahasiswa untuk memanfaatkan ShopeePay selaku metode pembayaran. Temuan dalam penelitian ini adalah memberikan relevansi praktis kepada perusahaan dompet elektronik agar meningkatkan pengalaman pengguna, meminimalkan risiko keamanan, dan merancang strategi promosi yang lebih efektif. Penelitian ini juga memberikan pemahaman mengenai teoritis yang signifikansi analisis perilaku pengguna dalam proses adopsi teknologi pembayaran secara elektronik.

References

Algusri, J., Magdalena, M., Misral, M., Karimi, K., & Darmawani, R. D. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 13(2), 222–231.

Chopdar, P. K., & Sivakumar, V. J. (2019). Understanding continuance usage of mobile shopping applications in India: the role of espoused cultural values and perceived risk. Behaviour & Information Technology, 38(1), 42–64.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harto, R. B., & Munir, Z. (2021). Analisis Kepercayaan, Persepsi Resiko Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Situs Jual Beli Shopee. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen), 9(1), 89–98.

Kademaunga, C. K., & Phiri, J. (2019). Factors affecting successful implementation of electronic procurement in government institutions based on the technology acceptance model. Open Journal of Business and Management, 7(04), 1705.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Kusuma, I. S. H. (2023). Pengaruh Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung. International Journal Administration, Business & Organization, 4(2), 31–39.

Nabila, L. D. (2020). Pengaruh Dompet Digital Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minuman (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1034–1040.

Park, J., Amendah, E., Lee, Y., & Hyun, H. (2019). M‐payment service: Interplay of perceived risk, benefit, and trust in service adoption. Human Factors and Ergonomics in Manufacturing & Service Industries, 29(1), 31–43.

Rahmawati, I. M., & Wati, K. M. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, dan Promosi Cashback terhadap Minat Menggunakan Kembali Dompet Digital Shopeepay (Studi pada Mahasiswa di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta). Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 535–547.

Ramadhan, G. R., Aryanda, H. Y., Retnoningsih, I., Azizah, I. N., Anggraeni, M. C., & Suhatmi, E. C. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Behavior Finance, Dan Income Terhadap Keputusan Berinvestasi. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 844.

Sujarweni, V. W. (2017). Analisis Laporan Keuangan: teori, aplikasi, dan hasil penelitian/V. Wiratna Sujarweni.

Sunarya, I. M. (2022). Pengaruh faktor persepsi terhadap minat penggunaan layanan dompet digital (e-wallet) melalui pendekatan teori technology acceptance model (tam). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(3), 1414–1422.

Syukriyyah, S., & Karyaningsih, K. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Shopeepay Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 263–287.

Asmara, M. Y. C., & Nugraeni, N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Pembayaran QRIS Bagi UMKM Yogyakarta. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(9).

Islamiyati, D., & Nugraeni, N. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Bertransaksi Secara Online pada Toko Online. Jurnal Akuntansi, 2(2), 1–9.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Sepiana, A., & Nugraeni, N. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-wallet, Risiko dan Promosi Penjualan Online terhadap Minat ShopeePay sebagai Metode Pembayaran. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(6), 771–775. https://doi.org/10.32493/drb.v7i6.45020

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.