Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Informasi terhadap Minat Berwirausaha Pada Generasi Muda di Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i3.29197Keywords:
Digital Literacy, Information Literacy, Interest in EntrepreneurshipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya literasi digital dan literasi informasi terhadap minat generasi muda untuk berwirausaha. Penelitian ini dilakukan saat pandemi COVID-19 terjadi. Lokasi penelitian dilakukan di kota Palembang dan kepada 115 kaum generasi muda. Metode pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling, teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan parsial least square (PLS). Penelitian ini membuktikan bahwa literasi digital dan literasi informasi mempengaruhi minat generasi muda dalam berwirausaha. Hal yang menonjol dalam literasi digital ditemukan dalam penelitian ini adalah aspek etis dimana generasi muda menghargai/menghormati para pengguna internet dan aspek yang menonjol dalam literasi informasi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kemampuan para generasi muda untuk mengelola informasi yang ditemukan di intenet.
References
Ahmad, F., Widén, G., & Huvila, I. (2020). The impact of workplace information literacy on organizational innovation: An empirical study. International Journal of Information Management, 51(March). https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.102041
Calvani, A., Cartelli, A., Fini, A., & Ranieri, M. (2008). Models and Instruments for Assessing Digital Competence at School. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 4(3), 183–193. https://doi.org/10.20368/1971-8829/288
Cetindamar Kozanoglu, D., & Abedin, B. (2020). Understanding the role of employees in digital transformation: conceptualization of digital literacy of employees as a multi-dimensional organizational affordance. Journal of Enterprise Information Management. https://doi.org/10.1108/JEIM-01-2020-0010
Drnovšek, M., Wincent, J., & Cardon, M. S. (2010). Entrepreneurial self-efficacy and business start-up: Developing a multi-dimensional definition. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 16(4). https://doi.org/10.1108/13552551011054516
Feerrar, J. (2019). Development of a framework for digital literacy. Reference Services Review, 47(2), 91–105. https://doi.org/10.1108/RSR-01-2019-0002
Foo, S., Majid, S., Mokhtar, I. A., Zhang, X., Chang, Y. K., Luyt, B., & Theng, Y. L. (2014). Information literacy skills of secondary school students in Singapore. Aslib Proceedings: New Information Perspectives, 66(1), 54–76. https://doi.org/10.1108/AJIM-08-2012-0066
Garmire, E., & Pearson, G. (2006). Tech tally: Approaches to assessing technological literacy. In Tech Tally: Approaches to Assessing Technological Literacy. https://doi.org/10.17226/11691
Gozali, I. (2014). Stuctural Equation Modeling metode alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hall, A., & Devaney, S. A. (2009). Factors that influence small business start-up. Consumer Interests Annual, 55(2001).
Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh literasi digital, efikasi diri, lingkungan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa dalam e-business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198–1215. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051
Kuncoro, M. (2013). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi (4th ed.). Erlangga
Leaning, M. (2019). An approach to digital literacy through the integration of media and information literacy. Media and Communication, 7(2 Critical Perspectives). https://doi.org/10.17645/mac.v7i2.1931
Lestari, S., Kurnianingsih, I., & Wardiyono, W. (2018). Pengukuran Kemampuan Literasi Digital Orang Tua Menggunakan Instant Digital Competence Assessment (Instant Dca). Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 91–108. https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i2.598
Mega, I. R. (2020). Students’ Perception of Digital Literacy Competence as Learning Sources. Majesty Journal, 2(1), 47–53. https://doi.org/10.33487/majesty.v2i1.351
Ooi, & Ahmad. (2013). A study among university students in business start-ups in Malaysia: motivations and obstacles to become entrepreneurs. Terengganu International Management and Business Journal, 3(1).
Pattah, S. H. (2014). Literasi informasi : peningkatan kopetensi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 117–128.
Paunescu, C. (2013). Challenges of Entering the Business Market: the Pre-Entry Knowledge and Experience. Management & Marketing, 8(1).
Periáñez-Cañadillas, I., Charterina, J., & Pando-GarcÃa, J. (2019). Assessing the relevance of digital competences on business graduates’ suitability for a job. Industrial and Commercial Training, 51(3). https://doi.org/10.1108/ICT-09-2018-0076
Prastya Nugraha, A. E., & Wahyuhastuti, N. (2017). START UP DIGITAL BUSINESS: SEBAGAI SOLUSI PENGGERAK WIRAUSAHA MUDA. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 2(1). https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i1.701
Rafi, M., JianMing, Z., & Ahmad, K. (2019). Technology integration for students’ information and digital literacy education in academic libraries. Information Discovery and Delivery, 47(4), 203–217. https://doi.org/10.1108/IDD-07-2019-0049
Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). SIKAP, MOTIVASI, DAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1). https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21-30
Thompson, E. R. (2009). Entrepreneurial Intent : and Development Reliable Metric. Entrepreneurship: Theory and Practice, 33(0).
Webber, S., & Johnston, B. (2017). Information literacy: Conceptions, context and the formation of a discipline. Journal of Information Literacy, 11(1). https://doi.org/10.11645/11.1.2205
Wijetunge, P., & Alahakoon, U. (2009). Empowering 8: the Information Literacy model developed in Sri Lanka to underpin changing education paradigms of Sri Lanka. Sri Lankan Journal of Librarianship and Information Management, 1(1). https://doi.org/10.4038/sllim.v1i1.430
Wijetunge, P., & Singh, J. (2021). Introducing the Information Literacy Model “Empowering 8†in South Asia with special reference to India and Sri Lanka. IASL Annual Conference Proceedings. https://doi.org/10.29173/iasl8008
Winarsih, E., & Furinawati, Y. (2018). Literasi Teknologi Dan Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berwirausaha Bagi Kelompok Pemuda Di Kota Madiun. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 23–29.
Yudistira, Y. (2017). Literasi Informasi Pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Menggunakan Pengembangan Model The BIG6. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 97. https://doi.org/10.22146/bip.26069
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.