Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying

Authors

  • Nurmin Arianto Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang1
  • Lia Asmalah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang1
  • Suharni Rahayu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang1

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i3.29418

Keywords:

Hedonic Shopping Motivation, Sales Promotion, Impluse Buying

Abstract

Konsumen cenderung untuk membeli secara spontan, reflek, tiba-tiba dan otomatis datang ke kedai atau gerai kopi kenangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping motivation  dan sales promotion  terhadap impulse buying  pada konsumen kopi kenangan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penelitian ini termasuk penelitian explanatory research. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pada penelitian ini berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel hedonic shopping motivation  dan sales promotion  berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap impulse buying  (Y). Hasil Koefisien Determinasi sebesar 0,649, hal ini menunjukkan bahwa variabel hedonic shopping motivation  dan sales promotion  secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 64,9% terhadap impulse buying  pada Kopi Kenangan. Sedangkan 35,1 % sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

References

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108-119.

Arianto, N., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(1), 27-37.

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.

Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12-22.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2).

Arianto, N. (2020). Kepemimpinan dan Komunikasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 8(1), 124-137.

Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JEE/article/view/3512

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/view/9647.

Arianto, N., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(1), 27-37. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JFB/article/view/4121.

Aris, A. (2020). Pengaruh Store Athmosphere dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian pada alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Eknomi Efektif, 3(1). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JEE/article/view/7272/0.

Gültekin, B., dan Özer L., 2012, The Influence of Hedonic Motives and Browsing On Impulse Buying, Journal of Economics and Behavioral Studies, Vol. 4, No. 3, Maret: pp. 180-189, (ISSN: 2220-6140).

Hursepuny, Crusyta Valencia, and Farah Oktafani. (2018). “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee _ Id the Influence of Hedonic Shopping Motivation and Shopping Lifestyle on Impulse Buying At Consumers Shopee _ Id.†EProceeding of Management 5(1):1041–48.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Myisha Nevianda Tuzzahra, (2020). “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Zalora Di Kota Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Medan: Universitas Muhammadiyas Sumatera Utara.

Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal Of Consumer Research, 14(2), 189-199.

Utami, Christina Whidya. (2010). Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Arianto, N., Asmalah, L., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(3), 308–314. https://doi.org/10.32493/drb.v6i3.29418

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.