Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Trisigma Globalindo

Authors

  • Juvianti Juvianti Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, Universitas Putera Batam
  • Tiurniari Purba Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i5.30474

Keywords:

Keragaman Produk, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana pengaruh dari keragaman produk, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada PT Trisigma Globalindo. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai metode penelitian. populasi terdiri dari 197 orang yang merupakan konsumen PT Trisigma Globalindo pada bulan Desember 2022. Rumus Slovin digunakan untuk menghasilkan ukuran sampel 132 responden dengan pendekatan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda, dan SPSS digunakan sebagai pengolahan data untuk menguji uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Pengujian regresi linier berganda mengungkapkan bahwa keragaman produk memberikan pengaruh kepada kepuasan konsumen sebesar 31,4%. Kualitas produk memberikan pengaruh kepada kepuasan konsumen sebesar 29,2%, sedangkan kepercayaan memberikan pengaruh kepada kepuasan konsumen sebesar 16,0%. Pada pengujian koefisien determinasi (R2) kepuasan konsumen pada PT Trisigma Globalindo dapat dijelaskan oleh faktor-faktor seperti keragaman produk, kualitas produk dan kepercayaan sebesar 74,8%. Temuan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keragaman produk, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada PT Trisigma Globalindo.

References

Ardiansyah, F., & Aprianti, K. (2020). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantin Yuank Kota Bima. Jurnal BRAND, 2(2), 163–169.

Bago, R., Sutardjo, A., & Anggaraini, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café ’ Els Coffe Dipadang The Effect Of Service Quality And Product Quality Towards Customer Satisfaction In Cafe El ’ Ss Coffe In Padang Reforman Bago ; Agus Sutardjo ; Meri. 4(2), 215–226.

Caniago, A. (2022). Analisis Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 219. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684

Gunawan, I., Sri, S. F. D., & Ali, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Suasana Tempat terhadap Kepuasan Konsumen pada WR. Gado-Gado Maya. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–17.

Harahap, Z., Leonandri, D., & Julvitra, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di 71st Omakase Restoran, Cikajang Jakarta. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(2), 120–131. https://doi.org/10.36983/japm.v8i2.93

Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Novianti, Y., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. 5(2).

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Jimp, 1(1), 27–39.

Savila, D., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 18–26. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3734

Simanjuntak, P., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Holland Bakery Di Kota Batam. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(01), 315–329.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Wijaya, V. A., & Siswahyudianto. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Agen Pulsa Jaya Reload Kediri. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 20(1), 105–123.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Juvianti, J., & Purba, T. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Trisigma Globalindo. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(5), 460–470. https://doi.org/10.32493/drb.v6i5.30474

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.