Pengembangan Strategi Pemasaran Berkelanjutan untuk Produk Ramah Lingkungan: Literature Review

Authors

  • Amalia Fitriyani Universitas Pamulang
  • Dea Moyan Safitri Universitas Pamulang
  • Nikken Arianie Ustin Universitas Pamulang
  • Yuli Puspita Dewi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.35412

Keywords:

Pemasaran Berkelanjutan, Stategi Pemasaran, Produk Ramah Lingkungan

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan strategi pemasaran berkelanjutan yang ditujukan untuk produk ramah lingkungan. Dalam era di mana kesadaran akan isu-isu lingkungan semakin meningkat, perusahaan berupaya untuk menghadirkan produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci dalam strategi pemasaran produk ramah lingkungan, yang mencakup aspek-aspek seperti branding, promosi, harga, dan distribusi. Penelitian ini dilakukan Dengan Metode Kualitatif berupa analisis mendalam terhadap literatur yang relevan dan penelitian empiris. Hasil dari penelitian ini didapatkan mengenai strategi pemasaran berkelanjutan, termasuk pemasaran ekologis, telah menjadi integral dalam bisnis modern dengan fokus pada aspek sosial dan lingkungan bersama dengan tujuan bisnis tradisional. Pemasaran berkelanjutan melalui evolusi fase, beralih dari fokus pada produksi dan efisiensi menuju tanggung jawab sosial dan dampak lingkungan. tujuan utama pemasaran berkelanjutan adalah menciptakan pasar untuk produk dan layanan yang ramah lingkungan dan berkontribusi positif pada masyarakat, dengan pendekatan yang mencakup kolaborasi antara produsen dan pelanggan.

References

Aditya, A. (2021, December). Pariwisata Hijau Dan Pemasaran Pariwisata Hijau Sebagai Upaya Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan Di Era Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Immanuel (pp. 104-114).

Ahidin, U. (2019). Implementasi Pemasaran Berkelanjutan Dalam Rangka mendukung Ekonomi Berkelanjutan dan Pembangunan Berkelanjutan (Sebuah Tinjauan). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 243-255.

Alimudin, A. (2013). Pengaruh orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan dan kinerja pemasaran usaha kecil sektor perdagangan (consumer goods) di Kota Surabaya.

Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketingâ€: An analysis of definitions, strategy

steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner

production, 165, 1263-1279.

Kassaye, W. (2001). Green dilemma. Marketing Intelligence & Planning, 19(6), 444-455.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2018). Marketing Mix: Selected Chapters From: Principles of Marketing, Philip Kotler and Gary Armstrong. Pearson.

Nurtjahjadi, E. (2014). Sustainable Marketing: Pemasaran Ramah Lingkungan dan Sosial Demi Generasi Mendatang. Proseedings SNEB.

Pancić, M., Serdarušić, H., & Ćućić, D. (2023). Green Marketing and Repurchase Intention:

Stewardship of Green Advertisement, Brand Awareness, Brand Equity, Green Innovativeness,

and Brand Innovativeness. Sustainability, 15(16), 12534.

Widyastuti, S. (2019). Sebuah Sintesis Pada Literatur: Strategi Intervensi Pemasaran Hijau Menuju Pembangunan Berkelanjutan (A Synthesis of Literature: A Green Marketing Intervention Strategy towards Sustainability Development). JRB-Jurnal Riset Bisnis, 2(2), 83-94.

Yandi, A., Muklhlis, I., & Zagladi, A. N. (2023). Penerapan Konsep Green Marketing dalam Menghasilkan Produk yang Ramah Lingkungan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(2), 1941-1954.

Islam, D. (2018). Tinjauan penerapan konsep green marketing dalam pelestarian lingkungan. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 11(1), 10-18.

Karina, M. (2020). Dampak Pemasaran Ramah Lingkungan Terhadap Manajemen Rantai Pasokan Di Pasar Industri. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 3(1), 177-193.

Fakhrurozi, M. (2023). Peranan Pemerintah dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan UMKM Ecoprint Yasmin Wiwid Lampung. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1676-1686.

Hermawan, A., Riyanto, C. A., & Wijaya, A. F. (2023). Pengembangan Produk dengan Menerapkan Bahan Ramah Lingkungan (Produk Hijau). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(1), 16-23.

Utomo, A. Z., & Dwiyanto, B. M. (2022). Pengaruh Green Marketing Dalam Sosialisasi “Diet Kantong Plastik†Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Eco Bag (Tas Belanja Ramah Lingkungan) Alfamart Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Alfamart di Kabupaten Pati). Diponegoro Journal of Management, 11(5).

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Fitriyani, A., Safitri, D. M., Ustin, N. A., & Dewi, Y. P. (2024). Pengembangan Strategi Pemasaran Berkelanjutan untuk Produk Ramah Lingkungan: Literature Review. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 101–110. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.35412

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.