Pengembangan Strategi Pemasaran Berkelanjutan untuk Produk Ramah Lingkungan: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.35412Keywords:
Pemasaran Berkelanjutan, Stategi Pemasaran, Produk Ramah LingkunganAbstract
Penelitian ini membahas pengembangan strategi pemasaran berkelanjutan yang ditujukan untuk produk ramah lingkungan. Dalam era di mana kesadaran akan isu-isu lingkungan semakin meningkat, perusahaan berupaya untuk menghadirkan produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci dalam strategi pemasaran produk ramah lingkungan, yang mencakup aspek-aspek seperti branding, promosi, harga, dan distribusi. Penelitian ini dilakukan Dengan Metode Kualitatif berupa analisis mendalam terhadap literatur yang relevan dan penelitian empiris. Hasil dari penelitian ini didapatkan mengenai strategi pemasaran berkelanjutan, termasuk pemasaran ekologis, telah menjadi integral dalam bisnis modern dengan fokus pada aspek sosial dan lingkungan bersama dengan tujuan bisnis tradisional. Pemasaran berkelanjutan melalui evolusi fase, beralih dari fokus pada produksi dan efisiensi menuju tanggung jawab sosial dan dampak lingkungan. tujuan utama pemasaran berkelanjutan adalah menciptakan pasar untuk produk dan layanan yang ramah lingkungan dan berkontribusi positif pada masyarakat, dengan pendekatan yang mencakup kolaborasi antara produsen dan pelanggan.
References
Aditya, A. (2021, December). Pariwisata Hijau Dan Pemasaran Pariwisata Hijau Sebagai Upaya Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan Di Era Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Immanuel (pp. 104-114).
Ahidin, U. (2019). Implementasi Pemasaran Berkelanjutan Dalam Rangka mendukung Ekonomi Berkelanjutan dan Pembangunan Berkelanjutan (Sebuah Tinjauan). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 243-255.
Alimudin, A. (2013). Pengaruh orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan dan kinerja pemasaran usaha kecil sektor perdagangan (consumer goods) di Kota Surabaya.
Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketingâ€: An analysis of definitions, strategy
steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner
production, 165, 1263-1279.
Kassaye, W. (2001). Green dilemma. Marketing Intelligence & Planning, 19(6), 444-455.
Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2018). Marketing Mix: Selected Chapters From: Principles of Marketing, Philip Kotler and Gary Armstrong. Pearson.
Nurtjahjadi, E. (2014). Sustainable Marketing: Pemasaran Ramah Lingkungan dan Sosial Demi Generasi Mendatang. Proseedings SNEB.
Pancić, M., Serdarušić, H., & Ćućić, D. (2023). Green Marketing and Repurchase Intention:
Stewardship of Green Advertisement, Brand Awareness, Brand Equity, Green Innovativeness,
and Brand Innovativeness. Sustainability, 15(16), 12534.
Widyastuti, S. (2019). Sebuah Sintesis Pada Literatur: Strategi Intervensi Pemasaran Hijau Menuju Pembangunan Berkelanjutan (A Synthesis of Literature: A Green Marketing Intervention Strategy towards Sustainability Development). JRB-Jurnal Riset Bisnis, 2(2), 83-94.
Yandi, A., Muklhlis, I., & Zagladi, A. N. (2023). Penerapan Konsep Green Marketing dalam Menghasilkan Produk yang Ramah Lingkungan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(2), 1941-1954.
Islam, D. (2018). Tinjauan penerapan konsep green marketing dalam pelestarian lingkungan. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 11(1), 10-18.
Karina, M. (2020). Dampak Pemasaran Ramah Lingkungan Terhadap Manajemen Rantai Pasokan Di Pasar Industri. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 3(1), 177-193.
Fakhrurozi, M. (2023). Peranan Pemerintah dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan UMKM Ecoprint Yasmin Wiwid Lampung. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1676-1686.
Hermawan, A., Riyanto, C. A., & Wijaya, A. F. (2023). Pengembangan Produk dengan Menerapkan Bahan Ramah Lingkungan (Produk Hijau). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(1), 16-23.
Utomo, A. Z., & Dwiyanto, B. M. (2022). Pengaruh Green Marketing Dalam Sosialisasi “Diet Kantong Plastik†Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Eco Bag (Tas Belanja Ramah Lingkungan) Alfamart Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Alfamart di Kabupaten Pati). Diponegoro Journal of Management, 11(5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.