Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pembersih Wajah Garnier Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.35586Keywords:
Citra Merek, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, PromosiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pembersih wajah Garnier di Kota Batam. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini adalah pengguna produk Garnier di Kota Batam yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti, dan sampel sebanyak 204 responden dipilih menggunakan metode rumus Jacob Cohen. Untuk menganalisis data, digunakan metode regresi linier berganda dengan melakukan pengujian terhadap kualitas data, asumsi klasik, pengaruh, dan hipotesis.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa citra merek terbukti memiliki pengaruh sebesar 5,3% terhadap keputusan pembelian, promosi dengan pengaruh sebesar 9,5% terhadap keputusan pembelian, sementara kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 16,5% terhadap keputusan pembelian. Dari pengujian koefisien determinasi (R2), ditemukan bahwa kombinasi dari citra merek, promosi, dan kepercayaan dapat menjelaskan sekitar 60,1% dari variasi yang terjadi dalam keputusan pembelian. Artinya, faktor-faktor ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk keputusan pembelian produk pembersih wajah Garnier di Kota Batam. Selain itu, hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa citra merek, promosi, dan kepercayaan secara parsial maupun bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah Garnier di Kota BatamReferences
Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Iqbal, M., Nugroho, Y., Efendi, A., & Abdullah, W. (2022). Pengaruh Iklan Online Dan Citra Merek Terhadap Variabel Intervening Pada Toko Online Shopee Di Makassar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(2), 8–20.
Istiono, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Hambatan Berpindah Terhadap Loyalitas (Studi Pada Pelanggan Produk Skincare Garnier di Majalengka Kota). Manajemen, 1, 1–13.
Kodu, S. (2018). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Journal of Polymer Science, Part A: Polymer Chemistry, 45(8), 1432–1445. https://doi.org/10.1002/pola.21914
Lampengan, P., Massie, J. D. ., & Roring, F. (2019). Pengaruh Motivasi Kepercayaan Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Pengguna Online Shop Zalora Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNSRAT Manado. Emba, 7(4), 5693–5702.
Maramis, I. S. M., Mananeke, L., & Loindong, S. S. R. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Mediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan Apotek Mercke’Lkolongan. Jurnal EMBA, 10(1), 39–48.
Mertayasa, P., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Komunikasi Word of Mouth. Buletin Studi Ekonomi, 1. https://doi.org/10.24843/bse.2020.v25.i01.p01
Muchlisin, M. kurnianty. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Umsu ). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices , Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104.
Saputri, S., Paseru, Y., Apriyani, R., Taryari, & Taryo, T. (2022). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee konsumen di ciputat 1*. 2.
Sitompul, s. s. (2019). Model analisis pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian xiaomi smartphone. Journal of Economic, Bussiness, and Accounting, 2.
Sopuroh, S., & Tanjung, H. (2022). Pengaruh Bauran Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee dalam Perspektif Islam. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 730–744. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1304
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). ALFABETA.
Tritetty, L. (2019). pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusanpembelian produk.
Wicaksono, A. B., & Soebiantoro, U. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 8(3), 1026. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p1026-1037
Wulandari, I., & Hartono, S. (2022). Keputusan Pembelian Melalui Online Ditinjau Dari Kemudahan, Promosi, Kepercayaan, Dan Kualitas Produk Pada Batik Gunawan Di Surakarta. Edunomika, 06(01), 107.
Yoepitasari, A. H., & Khasanah, I. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio Di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi 15, 15(1), 14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.